Santa Maria del Popolo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tampilan depan Santa Maria del Popolo.

Santa Maria del Popolo adalah sebuah gereja Agustinian penting yang terletak di kota Roma. Gereja ini berdiri di sebelah utara Piazza del Popolo, salah satu lapangan terkenal kota Roma, antara Porta Flaminia kuno (salah satu pintu gerbang dari Tembok Aurelian dan titik awal dari Via Flaminia, jalan menuju Ariminum (Rimini modern) dan rute paling penting menuju bagian utara kota Roma kuno) dan Taman Pincio.

Pada tahun 1099, sebuah kapel dibangun oleh Paus Paskalis II bagi Sang Ratu, di atas sebuah makam milik keluarga Domitia; semenjak penduduk Roma membiayai pembangunan bangunan ini, kapel ini kemudian menerima julukan del Popolo ("dari masyarakat"). Sumber-sumber lain menyatakan bahwa julukan "popolo" berasal dari kata Bahasa Latin popolus yang berarti pohon jenis poplar dan kemungkinan merujuk pada sebuah pohon yang terletak tidak jauh daripadanya. Kapel ini menjadi gereja atas keinginan Paus Gregorius IX dan dihibahkan kepada Ordo Agustinian (yang memilikinya hingga hari ini) pada paruh pertama abad ke-13.

Kubah Gereja Santa Maria del Popolo.

Santa Maria del Popolo diperbaiki oleh Baccio Pontelli dan Andrea Bregno pada tahun 1472-1477, atas tugas dari perkumpulan para bankir kota Roma, yang menghadirkan sebuah contoh baik dari arsitektur Renaissans Italia. Antara tahun 1655-1660 tampilan depan (facade) gereja ini diubah oleh Gian Lorenzo Bernini, yang diperintahkan oleh Paus Aleksander VII untuk meremajakan gereja Renaissans tersebut menjadi sebuah gereja yang lebih modern dengan gaya Barok.

Gereja ini tidak hanya memiliki Kapel Cerasi yang menjadi tempat lukisan dinding Caravaggio (Penyaliban Santo Petrus dan Perubahan Iman dalam Perjalanan ke Damaskus) dan lukisan dinding Pengangkatan Tubuh Sang Perawan Maria ke Surga karya Annibale Carracci, namun juga lukisan-lukisan dinding karya Pinturicchio, karya pahat Andrea Bregno dan Gian Lorenzo Bernini (Habakkuk dan Sang Malaikat dan Daniel dan Singa). Kapel Chigi, sebuah kapel pribadi bankir Agostino Chigi, dirancang oleh Raffaello Sanzio. Kubahnya dihiasi dengan mosaik-mosaik karya Raphael yang bertemakan Penciptaan Dunia.

Setelah keikutsertaan Bernini dalam pembangunannya, gereja ini menjadi sebuah tempat makam pilihan bagi orang-orang kaya kota Roma. Makam-makam sang bankir Agostino Chigi dan Kardinal Savo Millini ada di antara makam-makam orang lainnya di gereja ini.

Hyacinthe Thiandoum memegang jabatan sebagai Imam Kardinal Titulus S. Mariae de Populo hingga wafatnya pada tahun 2004. Pada tanggal 24 Maret 2006, Paus Benediktus XVI mengangkat Stanisław Dziwisz untuk menduduki jabatan tersebut.

Tempat Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Galeri Lukisan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 41°54′41″LU 12°28′35″BT / 41,91139°LU 12,47639°BT / 41.91139; 12.47639