Samsung bada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Samsung bada (dengan huruf b kecil) merupakan basis ponsel cerdas yang diluncurkan oleh perusahaan Samsung Electronics Co.Ltd, sebuah perusahaan yang mengembangkan bidang elektronik dan berpusat di Korea. Samsung bada diluncurkan di Indonesia pada 10 Desember 2009 di Jakarta. Pada peluncurannya, Samsung juga mengumumkan bada SDK (Software Development Kit) sebagai mitra bisnis.

Karakteristik Samsung bada[sunting | sunting sumber]

Samsung bada, dalam bahasa Korea berarti samudera. Makna harfiah ini ditujukan bagi berbagai karakteristik yang dimilikinya, yaitu :

  • User – interface (UI)

Samsung bada memiliki teknologi TouchWiz User Interface. Teknologi ini memberi kemudahan dan UI yang intuitif tanpa mengabaikan efisiensi. Samsung bada memiliki flash control, web control, sensor gerakan, fine – tuned vibration control dan face detection untuk meningkatkan kreatifitas dan interaksi pengguna. Selain itu, juga didukung dengan aplikasi context – aware berbasis sesnsor gerakan. Sensor –sensor yang ada dan diterapkan, seperti akselerometer, gerakan miring, cuaca, proksimiti dan sensor aktif, memungkinkan aplikasi yang digunakan pengembang teknologi mudah dalam mengimplementasikan context – aware.

  • Service Oriented

Samsung bada dilengkapi dengan berbagai fitur seperti jaringan sosial, perangkat sinkronisasi, manajemen konten, layanan berbasis lokasi, dan layanan perdagangan. Fitur –fitur yang ada tersebut didukung oleh back – end server bada. Fitur inovatif yang ditujukan bagi para pengembang ini menunjang pengembang teknologi untuk mengimplementasikan berbagai layanan tanpa upaya tambahan.

  • Open and Configurable

Basis bada fleksibel dan mudah diterapkan pada berbagai perangkat. Samsung bada memungkinkan kemudahan bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang menarik dan mudah. Aplikasi dapat memanfaatkan fungsi perangkat untuk membuat panggilan telepon, mengirim pesan, atau mengakses daftar kontak. Berbagai aplikasi layanan dapat berbagi informasi seperti profil pribadi, hubungan sosial, jadwal, atau konten yang berisi konfirmasi pengguna yang praktis agar dapat memberikan pelayanan lebih personal dan perluasan layanan yang kooperatif.

Arsitektur Samsung bada[sunting | sunting sumber]

Arsitektur Samsung bada terdiri dari dari empat lapisan, yaitu:

  1. Lapisan Kernel, didasarkan pada real time OS atau Linux kernel, tergantung pada hardware.
  2. Lapisan Perangkat, menyediakan fungsi inti seperti sistem dan manajemen keamanan, grafis dan sistem windows, protokol data dan telepon, audio – visual dan manajemen multimedia.
  3. Lapisan Layanan, menyediakan fungsi yang berpusat pada layanan yang disediakan oleh mesin aplikasi (seperti: pesan dan manajemen) dan komponen web layanan interkoneksi dengan server bada
  4. Lapisan Kerangka Standar, mengekspor API (Aplication Programming Interface) terbuka di C++. Lapisan ini terdiri dari kerangka aplikasi dan fungsi yang diekspor oleh lapisan yang mendasarinya. Lapisan ini berguna dalam pembuatan aplikasi inovatif pada platform bada.

Fitur dan Layanan[sunting | sunting sumber]

  • User – Interface (UI)

Terdapat tiga unsur UI dalam membangun aplikasi yang interaktif dan menarik:

  1. Common UI elements
  2. Adaptive UI elements
  3. Advancec interaction UI elements

Tiga unsur tersebut memberikan kontrol UI yang variatif, pemetaan kemampuan, integrasi web, dan Adobe Flash TM. Selain itu, juga mendukung otomatisasi dalam mengubah ukuran UI antara WVGA dan WQVGA. Sedangkan, bagi para pengembang, bada menyediakan beberapa alat canggih seperti multi – touch, vibrasi, motion, sensor, dan pengenalan wajah (face recognition).

  • Game

bada memfasilitasi pengembangan game dengan menyediakan set yang kaya untuk namespaces dan classes melalui Samsung Bada API ( Application Programming Interface). Kegiatan game agar menjadi variatif, menarik, dan menyenangkan di dukung dengan menghadirkan OpenGL/ES untuk grafis 3D, multitouch, kontrol accelerator, dan kapabilitas audio.

  • Messaging

Messaging API Samsung Bada mendukung push message dan exchange. Di mana, aplikasi dapat langsung menggunakan fungsi pesan dasar dalam ponsel bada.

  • Jaringan

Jaringan dari bada API menyediakan dukungan untuk komunikasi antara perangkat dengan perangkat lainnya atau perangkat dengan server. Samsung Bada menghadirkan Wi-FI, Bluetooth, tookit HTTP dan toolkit socket. Wi-fi mendukung infrastructur dan mode ad-hoc. Bluetooth berperan sebagai bagian dari jaringan tingkat tinggi . Toolkit HTTP dan toolkit socket berperan mengontrol jaringan secara maksimum dan merupakan tool untuk tingkat yang lebih rendah.

  • Web

bada menyediakan fungsionalitas internet. Web namespace memungkinkan menampilkan halaman HTML di aplikasi bada. Browser default di bada diperankan oleh Dolpin Browser dengan di dukung Adobe flash, HTML 4.01 dan HTML5.

  • Media

bada API mendukung format audio, video, gambar, rekaman dan streaming. Bada menyediakan tool pada file manajemen untuk remote media (transcoding, penyimpanan jarak jauh atau remote storage, dan sharing).

  • Location Based Services (LBS)

bada mendukung location recognition, fungsi map (peta) terkait, fungsi routing untuk memberi informasi kepada aplikasi tentang rute antara dua titik, dan POI search untuk memberi informasi kepada aplikasi berdasarkan informasi lokasi yang diperoleh seperti restoran dan SPBU

  • Jejaring Sosial

Namespace SNS menunjang untuk membangun aplikai yang peduli pada kehidupan sosial penggunanya. Fungsionalitas ini menyediakan profil pengguna, menjalin pertemanan baru, tempat diskusi untuk jejaring sosial, dan akses langsung ke jaringan sosial eksternal (Twitter, facebook).

  • Commerce

Fitur commerce memungkinkan transaksi komersial dalam aplikasi. Pertdagangan ini dapat berupa perdagangan item-item gae dan musik. Selain itu juga menyediakan fasilitas penagihan melalui kartu kredit. Fitur commerce ini memungkinkan pengembang menyediakan aplikai gratis yang menguntungkan dari penjualan internal.(TDS)

Perkembangan bada[sunting | sunting sumber]

  1. Wave I terdiri dari bada 1.0 dan bada 1.1
  2. Wave II terdiri dari 2nd bada ‘hero’ yang berkembang dari bada 1.2, selain itu juga muncul bada 2.0

Perangkat bada[sunting | sunting sumber]

  1. S8500 Wave
  2. S5253 Wave 525
  3. S5333 Wave 533
  4. S5753 Wave 575
  5. S8530 Wave II

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]