Samarinda Pos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Samarinda Pos
Samarindapos.jpg
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Jawa Pos Group
Penerbit PT Duta Media Kaltim Press
Didirikan 1999
Kantor pusat Samarinda
Kembaran Kaltim Post
Situs web resmi www.sapos.co.id
Kantor Samarinda Pos

Samarinda Pos adalah surat kabar harian yang terbit di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Samarinda Pos adalah perusahaan dari kelompok usaha Kaltim Post Group, juga salah satu kelompok media Jawa Pos. Samarinda Pos memiliki kantor pusat di kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gagasan berdirinya Samarinda Pos datang dari Dahlan Iskan, pemimpin umum kelompok media Jawa Pos. Dasar pemikirannya adalah kota Samarinda sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur belum mendapat perhatian yang cukup terutama karena kelompok usaha Kaltim Post Group, salah satu bagian kelompok media Jawa Pos, memiliki kantor pusat di kota Balikpapan, sekitar 115 kilometer selatan kota Samarinda. Samarinda Pos berdiri sejak tanggal 17 Maret 1999.

Komposisi Redaksi dan Karyawan[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, Samarinda Pos hanya dikerjakan 7 wartawan plus 5 tenaga non redaksi, hanya mencetak 700 eksemplar dengan ketebalan 12 halaman. Tetapi pada perkembangan selanjutnya, Samarinda Pos tumbuh menjadi pemimpin pasar media harian yang beredar di kota Samarinda dalam waktu dua tahun. Samarinda Pos saat ini didukung sekitar 41 karyawan berusia muda yang terdiri dari 17 wartawan magang dan koresponden yang energik dan profesional di bidangnya, plus tenaga non redaksi yakni iklan 3 orang, pemasaran 3 orang dan staf administrasi lainnya. Kini Samarinda Pos terus berkembang dan terbit dengan 24 halaman setiap hari, kecuali saat Idul Fitri dan Idul Adha. Di usianya yang ke-4, telah memiliki percetakan sendiri di Samarinda yang dikerjakan 25 tenaga muda yang direkrut dari tenaga kerja lulusan STM lokal yang baru lulus 3 tahun sebelumnya.

Wilayah Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Dengan memiliki percetakan sendiri di Samarinda, Samarinda Pos lebih cepat sampai ke tangan pembaca. Samarinda Pos telah terbit di kota Bontang, Sangatta, Kutai Kartanegara, hingga Kabupaten Berau.

Kegiatan ekstra penerbitan[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya surat kabar harian pada umumnya, salah satu pemasukan Samarinda Pos adalah dari media promosi. Hal inilah yang menyebabkan Samarinda Pos merangkul pemasang iklan dalam melakukan kegiatan-kegiatan di luar penerbitan. Kegiatan masyarakat bersama Samarinda Pos memiliki bentuk kegiatan sosial, jalan santai, senam, donor darah dan membina generasi muda melalui lomba-lomba dan festival sesuai momen, semisal Road Race, Parade Band, Promo dan lain-lainnya. Fasilitas iklan/promosi bagi perusahaan maupun perorangan berupa iklan kolom BW maupun FC (Full Color), iklan baris, dan iklan layanan sosial, datang dari pengusaha Samarinda sendiri, Surabaya, Jakarta dan beberapa kabupaten lainnya.

Juga melayani pemasangan pariwara/infobisnis untuk lembaga dan perusahaan perorangan. Samarinda Pos juga telah mempersiapkan teknologi portal internet lewat media online yang lebih cepat dan murah dalam pengaksesan. Ini ditandai dengan dibentuknya Sapos Digital sebagai salah satu divisi surat kabar online di Samarinda Pos.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]