Salmon Chinook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salmon Chinook
Oncorhynchus tshawytscha
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSalmoniformes
FamiliSalmonidae
GenusOncorhynchus
SpesiesOncorhynchus tshawytscha
Walbaum, 1792
Distribusi

Salmon Chinook jantan dalam fase pemijahan.

Salmon Chinook /ʃɪˈnʊk/ (Oncorhynchus tshawytscha) adalah spesies terbesar di salmon Pasifik genus Oncorhynchus. Namanya mengacu pada bangsa Chinook. Nama-nama vernakular lainnya untuk spesies ini adalah raja salmon, salmon Quinary, salmon musim semi, crom baby beni, dan salmon sandra. Nama ilmiahnya diambil dari bahasa Rusia chavycha (чавыча).

Chinook adalah ikan anadromous asli dari Samudra Pasifik Utara dan sistem sungai di Amerika Utara bagian barat, mulai dari California hingga Alaska, serta sungai Asia mulai dari Jepang utara hingga Sungai Palyavaam di Arktik timur laut Siberia. Salmon ini telah diperkenalkan ke belahan dunia lainnya, termasuk Selandia Baru, Great Lakes Amerika Utara dan Patagonia. Chinook besar adalah tangkapan yang berharga dan diincar oleh para pemancing olahraga. Daging ikan salmon juga sangat dihargai karena kandungan gizinya, mencakup kadar asam lemak omega-3 penting yang tinggi. Beberapa populasi terancam punah, akan tetapi salmon Chinook belum masuk Daftar Merah IUCN. Menurut NOAA, populasi salmon Chinook di sepanjang pantai California menurun, karena faktor-faktor seperti: penangkapan ikan berlebihan, hilangnya air tawar dan habitat muara, pengembangan tenaga air, kondisi laut yang buruk, dan praktik pembenihan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Oceanic and Atmospheric Administration. North Central California Coast Recovery Domain" (PDF). westcoast.fisheries.noaa.gov. National Marine Fisheries Service Southwest Region. Diakses tanggal 9 May 2016.