Salju tua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mengambil sampel permukaan gletser. Terdapat lapisan tebal yang semakin tebal di antara permukaan salju dan es gletser biru.
Salju tua di puncak Säuleck, Hohe Tauern

Salju tua atau firn ( /fɪərn/ ; dari firn Jerman Swiss "tahun lalu", serumpun dengan sebelumnya ) adalah niva yang padat, sejenis salju yang tersisa dari musim lalu dan telah direkristalisasi menjadi zat yang lebih padat daripada niva. Ini adalah es yang berada pada tahap peralihan antara salju dan es glasial. [1] Salju tua terlihat seperti gula basah, namun memiliki kekerasan yang membuatnya sangat tahan terhadap sekop. Kepadatannya umumnya berkisar antara 0,35 g/cm 3 hingga 0,9 g/cm 3, [1] dan sering kali dapat ditemukan di bawah salju yang terakumulasi di puncak gletser .

Butir salju dikompresi karena beban tumpukan salju di atasnya. Masing-masing kristal di dekat titik leleh bersifat semi-cair dan licin, memungkinkannya meluncur di sepanjang bidang kristal lain dan mengisi ruang di antara keduanya, sehingga meningkatkan kepadatan es. Saat kristal bersentuhan, mereka terikat bersama, menekan udara di antara kristal ke permukaan atau ke dalam gelembung.

Pada bulan-bulan musim panas, metamorfosis kristal dapat terjadi lebih cepat karena adanya perkolasi air antar kristal. Pada akhir musim panas, hasilnya sudah pasti.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b van den Broeke, Michiel (1 May 2008). "Depth and Density of the Antarctic Firn Layer". Arctic, Antarctic, and Alpine Research. 40 (2): 432–438. doi:10.1657/1523-0430(07-021)[BROEKE]2.0.CO;2. ISSN 1523-0430. 
  2. ^ Hays, Jeffrey. "GLACIERS: TYPES, MECHANICS, DANGERS AND TERMS". factsanddetails.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-08.