Salimuzzaman Siddiqui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prof Dr Salimuzzaman Siddiqui
Lahir 19 Oktober 1897
Lucknow, British India
Meninggal 14 April 1994 (umur 96)
Karachi, Pakistan
Kebangsaan Pakistani
Bidang Organic chemistry
Institusi Pakistan Atomic Energy Commission (PAEC)
Pakistan Council of Scientific and Industrial Research (PCSI)
Hussain Ebrahim Jamal Research Institute of Chemistry
Karachi University
Pakistan Academy of Sciences
Alma mater Aligarh Muslim University
Pembimbing
akademik
Julius Von Bram
Dikenal atas Natural products research, chemical constituents of Neem
Penghargaan Fellow of the Royal Society
Hilal-e-Imtiaz
MBE
Pride of Performance
Sitara-e-Imtiaz
Tamgha-e-Pakistan

Salimuzzaman Siddiqui (Urdu: سلیم الزّماں صدّیقی [səˈliːmʊzzəmɑːn sɪˈd̪d̪iːqi]; 19 Oktober 1897 - 14 April 1994), HI, MBE, SI, D.Phil adalah seorang ahli kimia asal Pakistan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di Pakistan. Dia adalah perintis teknik isolasi campuran kimia yang unik dari tanam-tanaman seperti Neem (Azadirachta indica), Rauwolfia, dan tanaman-tanaman yang lain. Prof Siddiqui adalah pendiri dan direktur dari Institut Penelitian Kimia H.E.J. , yang telah berjasa dalam merintis penelitian farmakologi terhadap tanam-tanaman di Asia Selatan yang substansi kimiawinya dapat diambil dan digunakan untuk obat-obatan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia dilahirkan di Subeha (Distrik Barabanki) dan mendapat pendidikan dasar di Lucknow dalam bahasa Urdu dan Persia. Ketertarikannya terhadap literatur, sastra, dan kaligrafi bermula dari ayahnya, Sheikh Muhammad Zaman. Pada tahun 1920, Siddiqui belajar di bidang obat-obatan di University College London. Setahun setelah itu dia pindah ke Universitas Frankfurt untuk studi dalam bidang kimia. Pada tahun 1927, Siddiqui meraih gelar doktornya di bawah bimbingan Prof Julius von Bram.

Setelah lulus dari pendidikannya, Sidiqui kembali ke Universitas Tibbia Delhi di bawah supervisi Hakim Ajmal Khan. Pada tahun 1940, dia bergabung di Badan Penelitian Sains dan Industri India hingga 1951. Siddiqui akhirnya bermigrasi ke Pakistan oleh permintaan Perdana Menteri Liaquat Ali Khan pada tahun 1951. Di Pakistan dia dipercaya untuk memimpin aktivitas penelitian pemerintah. Pada tahun 1953, dia mendirikan Akademi Sains Pakistan sebagai lembaga riset non-politik dari berbagai ilmuwan terkemuka.

Hasil penelitian Siddiquie yang pertama kali adalah pada tahun 1931, yaitu penelitiannya tentang isolasi agen antiarithmik dari akar-akar tanaman Rauwolfia serpentina. Substansi yang ditemukannya diberi nama Ajmalin. setelah itu ekstrasi alkaloid lainnya adalah Ajmalicin, (C21H24N2O3), Isoajmalin, Neoajmalin, Serpentin, dan Serpentinin. Banya di antaranya yang masih dipakai di seluruh dunia untuk mengobati kegagalan jantung dan penyakit jiwa.

Siddiqui adalah orang yang pertama kali memperkenalkan zat-zat anthelmintic, antifungal, antibacterial, dan antiviral dari pohon Neem pada kimiawan-kimiawan dunia. Pada tahun 1942 dia berhasil mengekstraksi 3 campuran dari minyak Neem yang dinamakan nimbin, nimbinin, dan nimbidin. Zat-zat ini digunakan sebagai insektisida alami.

Oleh karena penemuannya yang revolusioner, dia dianugerahkan Order of the British Empire pada tahun 1946.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]