Saldo normal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Saldo normal atau lengkapnya saldo normal akun adalah klasifikasi terhadap suatu kode perkiraan (akun) yang merupakan salah satu bagian dari prinsip pembukuan berpasangan.

Suatu akun dapat memiliki saldo normal debit (Dr) atau kredit (Kr). Akun dengan saldo normal debit akan bertambah nilainya jika terjadi transaksi pada sisi debit. Sebaliknya, untuk meningkatkan nilai akun dengan saldo normal kredit, harus ditambahkan transaksi pada sisi kredit.

Persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut

Aktiva = Kewajiban + Modal
Pasiva = Beban + Kas

Akun pada sisi pada sisi kiri persamaan memiliki saldo normal debit, sedangkan akun pada sisi kanan memiliki saldo normal kredit.

Saldo normal untuk akun-akun lain diturunkan dari hubungan dengan ketiga akun utama tersebut. Contohnya

Laba/rugi = Pendapatan - Beban

Karena laba/rugi merupakan komponen dari modal, maka dapat dianggap bahwa pendapatan berada di sisi kanan persamaan, sedangkan beban berada di sisi kiri.

Berikut saldo normal untuk beberapa akun umum:

Saldo Normal dari akun atau rekening sebagaimana disebutkan di atas mulai dari aktiva, kewajiban, modal, hingga dividen, merupakan suatu ketetapan yang pasti dalam ilmu akuntansi. Maksud dari ketetapan pasti disini adalah bahwa saldo normal aktiva pasti debet dan saldo normal kewajiban pasti kredit dan sebagainya. Sehingga Saldo normal akun harus dipahami dengan baik karena dengan memahami posisi saldo normal akun dengan baik maka akan mempermudah dalam proses pemahaman ilmu akuntansi, untuk mempermudah dalam penguasaan saldo normal akun dengan mudah kita dapat menggunakan jemari kita untuk mengingat masing-masing saldo normal akun khususnya saldo normal akun harta, utang, modal, pendapatan dan saldo normal akun beban. Untuk menggunakan jemari tangan dalam belajar akuntansi khususnya mengingat saldo normal akun dapat dipelajari lebih detai pada tips mudah memahami saldo normal akun