SPICE

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SPICE (Simulator Program with Integrated Circuit Emphasis) adalah program komputer yang digunakan untuk menghitungtiru (simulasi) perilaku rangkaian listrik. Program ini terutama di arahkan untuk perancangan rangkaian terpadu (IC). Data masukan program ini, yang disebut sebagai input-deck adalah berkas yang isinya merupakan paparan rangkaian yang hendak di-hitung-tiru. Ini meliputi tata hubungan (topology) rangkaian serta nilai-nilai parameter dari setiap elemen rangkaian, misalnya sumber arus (I), sumber tegangan (V), resistansi (R), kapasitansi (C), dan induktansi (L). Paparan rangkaian ini disebut sebagai netlist.

Jenis analisis dengan SPICE[sunting | sunting sumber]

Pada analisis DC, baik sumber tegangan maupun sumber arus yang digunakan mempunyai nilai yang tetap (konstan). Di dalam perancangan IC, analisis DC berguna antara lain untuk mengetahui titik operasi rangkaian dalam keadaan tanpa sinyal.

Pada analisis transient, sumber tegangan atau sumber arus mempunyai nilai yang merupakan fungsi dari atau berubah terhadap waktu. Bentuk fungsi waktu ini misalnya bisa berupa fungsi langkah (step-function), atau berupa sebuah pulsa.

Pada analisis AC, semua elemen rangkaian dianggap bersifat linier, sehingga analisis ini juga bisa disebut sebagai analisis sinyal kecil ( small-signal analysis ). Di sini sumber tegangan atau arus umumnya merupakan fungsi sinusoidal dengan nilai amplituda, frekuensi dan fase yang bisa dipilih. Selanjutnya dilakukan "penyapuan" (sweeping) dar nilai frekuensi sumber ini dari suatu nilai paling-rendah ke nilai paling-tinggi. Untuk setiap nilai frekuensi tersebut nilai besaran keluaran atau disebut pula sebagai "tanggapan" dari rangkaian, baik tegangan maupun arus pada terminal tertentu dihitung dan diperagakan.

Bagian perangkat program dari SPICE yang ini dapat digunakan untuk melakukan analisis terhadap derau yang dihasilkan oleh elemen rangkaian, misalnya resistor atau divais semikonduktor. Di sini, terminal input rangkaian dihubungkan dengan suatu sumber tegangan atau arus. Maka perangkat analisis ini akan melakukan perhitungan sumbangan derau dari setiap divais di dalam rangkaian tersebut terhadap terminal output yang diamati.