SMP Negeri 18 Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 18 Semarang
Smpn 18 semarang.jpg
Informasi
Didirikan 1977
Jenis Negeri
Akreditasi A[1]
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20328819
Kepala Sekolah Drs. Suwarno Agung Nugroho, Mm.
NIP. 196810111993031005
Jumlah kelas A-H
Rentang kelas VII sampai IX
Kurikulum Sekolah Standar Nasional
Alamat
Lokasi Jalan Purwoyoso I Ngaliyan-Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (024) 7603798
Situs web http://www.smpn18-smg.sch.id
Surel smp_18@yahoo.co.id

SMP Negeri (SMPN) 18 Semarang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Jalan Purwoyoso I Ngaliyan Provinsi

Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 18 Semarang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX.

SMPN 18 ini merupakan salah satu SMPN terfavorit di kota Semarang. Jumlah Siswa dalam satu angkatan adalah 255 siswa. SMPN 18 Semarang sangat berprestasi, dalam bidang Pramuka, PMR, Kesenian, Pidato, dan Olahraga dan lain sebagainya.

Visi[sunting | sunting sumber]

UNGGUL DALAM MUTU DAN BERBUDI PEKERTI LUHUR.

Misi[sunting | sunting sumber]

  • Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, efisien, serta memberi bimbingan yang maksimal kepada peserta didik sehingga peserta didik mampu berkembang secara maksimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler secara terprogram dan terpadu sehingga dapat memupuk bakat, minat dan prestasi peserta didik.
  • Menggali keunggulan serta penelusuran bakat dan minat peserta didik di bidang akademik maupun non akademik.
  • Menumbuhkan inovasi – inovasi dalam proses pendidikan kepada seluruh warga sehingga mampu menggali konsep – konsep peningkatan mutu.
  • Menanamkan penghayatan ajaran agama yang dianut dan budi pekerti sehingga warga sekolah mampu menghayati dan mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1977 pemerintah membuka SMP negeri baru di kecamatan Tugu tepatnya di desa Jerakah. Walaupun pada saat itu belum memiliki gedung, namun mulai tahun 1977 tersebut SMP baru tersebut sudah mulai menerima siswa baru. Untuk sementara kegiatan pembelajaran menumpang di SD Tugurejo Semarang. Pengajarnya sebagian dari guru-guru SD Tugurejo dan sebagian dari guru-guru SMP Negeri 3 Semarang.

Mulai tahun 1977 pembangunan gedung sekolah dikerjakan. Gedung sekolah tersebut dibangun di bekas lapangan olah raga di desa Jerakah, sedang lapang olah raganya dialihkan di sebalah utara desa Jerakah dekat stasiun kerata api Jerakah. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 0435/O/1977, tanggal 1 Oktober 1977, maka berdirilah SMP baru di kecamatan Tugu Kota Madya Semarang dengan nama SMP Negeri Jerakah (Tugu) Semarang.

Pada tahun 1984, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 0437/O/1984, nama SMP Negeri Jerakah (Tugu) Semarang diubah menjadi SMP Negeri 18 Semarang.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. smpn18-smg.sch.id


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan