SMK Pelayaran Malahayati Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SMK PELAYARAN MALAHAYATI JAKARTA[sunting | sunting sumber]

"SMK PELAYARAN MALAHAYATI JAKARTA

Sejarah SMK Pelayaran Malahayati Jakarta

Yayasan Pelayaran Malahayati adalah Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan berbasis Pelayaran yang berdiri pada tahun 1991 dengan Akta Notaris Anasrul Jambi, SH No.76 pada tanggal 12 November 1991. Pada tahun Ajaran 1992/1993, Yayasan Malahayati mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran (SMK-P) Malahayati di daerah Cakung, Cilincing, Jakarta Utara dengan status tanah kontrak dengan Yayasan Pendidikan Hang Tuah selama 8 tahun. Namun seiring perjalanan waktu semangat kami di dalam dunia pendidikan tidak pernah padam ditambah lagi animo masyarakat sekitar yang begitu besar terhadap dunia pelayaran sehingga Yayasan kami terus mengalami perkembangan yang pesat.

Pada tahun 1995 Yayasan Pendidikan Malahayati telah membeli tanah seluas 2000 m2 dan membangun gedung sekolah dengan luas bangunan 1500 m2 di daerah Marunda. Pada tahun 1999 pembangunangedung sekolah telah selesai 99 % dengan jumlah 12 ruangan dengan 3 lantai dan diresmikan pada tanggal 11 Oktober 1999.

Sejak tahun ajaran 1992/1993 hingga tahun 2010 Yayasan kami telah mendidik sebanyak kurang lebih 4000 taruna dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 22 angkatan. Dari sekian banyak lulusan sekitar 40 % menempuh Ujian Profesi Kelautan di Pusdiklat Perhubungan Laut, sedangkan 50 % melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan 10 % lagi tidak terpantau oleh pihak sekolah. Progaram keahlian yang kami buka adalah jurusan Nautika dan Teknika Pelayaran Niaga, dengan Ijazah Pelaut AHLI NAUTIKA TINGKAT IV (ANT IV) untuk jurusan Nautika dan AHLI TEKNIKA TINGKAT IV (ATT IV) untuk jurusan Teknika. Ijazah tersebut dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan melalui Pusdiklat Laut setelah siswa mengikuti ujian profesi kelautan dan praktik berlayar (PROLA) selama 1 tahun di atas kapal Niaga pada perusahaan pelayaran Nasional maupun Internasional. SMK Pelayaran Malahayati Mendapatkan Akreditasi A "Unggul Sekali untuk Program Studi Nautika Kapal Niaga & Teknika Kapal Niaga dari Badan Akreditasi Sekolah BAP-S/M Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahun 2000 Yayasan Pelayaran Malahayati mengajukan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran dengan maksud untuk menampung siswa SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun pihak LLDIKTI/Kopertis Wilayah III Jakarta hanya memberikan izin untuk program studi Manajemen Transportasi (S1) dan jenjang Diploma III Bisnis Logistik & Material (D3)

Sejak itulah berdiri Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Malahayati dengan SK Mendiknas 70/D/O/2002 tentang PEMBERIAN IJIN PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI DAN PENDIRIAN SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORTASI MALAHAYATI. Surat Keputusa tersebut ditetapkan pada tanggal 4 April 2002.


Email: smkp.malahayati@yahoo.com

Facebook SMK Pelayaran Malahayati: https://www.facebook.com/smkpelayaran.malahayati

Website: https://smkpelayaranmalahayatijakarta.sch.id http://smkpelayaranmalahayatijakarta.blogspot.com