SMK Negeri 3 Medan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMK Negeri 3 Medan
STM Kimia Negeri Medan
Lambang SMKN 3 Medan
Informasi
Didirikan 1964
Jenis Negeri, Kejuruan
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. Usman Lubis, MM
Jumlah kelas 38 Rombel
Program/jurusan/
peminatan
Teknik Kimia Industri dan Teknik Kimia Analis
Rentang kelas 3 Tahun
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 1290 Siswa
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jl. STM No. 12 B Kp. Baru, Medan - 20219, Sumatera Utara, Indonesia
Situs web www.smkn3medan.sch.id

SMK Negeri 3 Medan adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang terdapat di kota Medan. Sekolah ini menitikberatkan pada kejuruan Teknik Kimia.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Medan adalah Satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan khusus Program Keahlian Kimia, yaitu: Kimia Industri dan Kimia Analisis yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini didirikan pada Tahun 1964 berlokasi di Jalan STM No.12 B Kampung Baru Medan. Pada awalnya Sekolah ini merupakan STM Kimia Swasta yang berdiri pada Tahun 1963 terdiri dari satu Kelas saja. Kemudian pada Tahun 1964 STM Kimia swasta ini diNegerikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan (SK) No. 23/DIPT/BI/1965,tertanggal 1 Agustus 1964 dengan NSS 511076001001.

Tahun 1966 STM Kimia Negeri ini pindah ke Jalan Gandhi No.21 A/73 Medan,dan pada Tahun 1996 STM Kimia Negeri Medan menempati Gedung Baru yang berlokasi di Jl.STM No.12 B Kampung Baru Medan. SMK Negeri 3 Medan dijadikan berstandart Nasional dengan Surat Dirjen Dikdasmen No.0025/05.3/MN/2005 tanggal 03 Januari 2005. Sekolah ini dibangun di atas tanah yang cukup luas ± 16.920 M serta dilengkapi fasilitas dan sarana prasarana yang cukup lengkap untuk menunjang proses pelaksanaan pendidikan

Lulusan sekolah ini Secara Umum Berkompetensi untuk bekerja sebagai Tenaga Laboran, Quality Control, maupun di Proses Produksi.

Sekolah ini telah memiliki Standart Manajemen Mutu Internasional dengan ISO 9001:2008. Sertifikasi QEC26194.

Profil Jurusan[sunting | sunting sumber]

  • Profil Jurusan Kimia Industri

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam : 1. Melaksanakan Tugas/Pekerjaan yang bersifat rutin dan dapat diprediksi berdasarkan pada SOP 2. Melakukan Proses yang sederhana dan telah ditentukan. 3. Menilai Mutu Berdasarkan Kriteria yang telah ditentukan. 4. Mengelola atau Mengorganisasikan suatu proses. 5. Menentukan kriteria Penilaian terhadap suatu proses/kriteria suatu evaluasi terhadap suatu proses. 6. Mengelola/ memelihara/ operator instrumen industri kimia 7. Mengelola/ operator laboratorium kimia 8. Mengelola / operator industri yang memakai proses mikrobiologi 9. Mengelola instalasi pengelolaan limbah industri 10. Berwiraswasta, misalnya dalam industri kecil kimia dan bidang usaha lainnya yang berkaitan dengan kimia 11. Mengadakan Uji Kompetensi 12. Melaksanakan PRAKERIN di Dunia Usaha dan Industri seperti: Pabrik Kelapa Sawit, Karet,Coklat , Laboratorium Industri / Farmasi, Pertambangan dan Industri, Laboratotium, Industri Gas,Laboran PLN dan PDAM.

  • Profil Jurusan Kimia Analisis

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam : 1. Mengelola Laboratorium sesuai SOP yang berlaku 2. Melakukan Sampling Laboratorium 3. Melakukan analisis Bahan 4. Melakukan Verifikasi dan Validasi 5. Mengelola Usaha di Bidang Analis Kimia 6. Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi 7. Melakukan análisis mikrobiologi, gravimetric, volumetric, senyawa organic, fisika non instrumental, Analisis Instrumen, elektrokimia, Kalorimetri, spektrofotometri, proksimat, kromatografi, organoliptik serta air/lingkungan untuk membentuk pribadi pengendali mutu /Quality Control ( QC ) 8. Mengadakan Uji Kompetensi 9. Melaksanakan PRAKERIN di Dunia Usaha dan Industri seperti: Pabrik Kelapa Sawit,Karet,Coklat , Laboratorium Farmasi, , Laboratorium Makanan dan Minuman,Laboratorium Pertanian. Pengujian AMDAL, Laboratotium Industri Gas dan PDAM 10. Pengujian mutu produk : makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, air limbah, udara, pupuk, dan mineral


Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Dalam mendukung proses belajar dan mengajar dengan baik, telah dilengkapi fasilitas pendukung antara lain :


Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Situs Resmi[sunting | sunting sumber]