SMK Negeri 2 Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMK Negeri 2 Klaten
Logo SMK Negeri 2 Klaten
Informasi
Jenis Kejuruan
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd
Status Negeri
Alamat
Lokasi Senden, Ngawen, Klaten, 57466, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0272)3354021
Situs web http://www.smkn2klaten.sch.id/

SMK Negeri 2 Klaten (STM Senden) adalah sebuah lembaga pendidikan teknik yang dahulu bernana STM Negeri Klaten. SMK Negeri 2 klaten merupakan Sekolah menengah kejuruan SMK yang mempunyai Program Diklat 4(empat) tahun, yaitu dimana setelah mengikuti Ujian Nasional siswa / siswi masih harus menjalani Praktek Keja Industri (Prakerin) selama minimal 6(enam) bulan, dan setelah itu akan mengikuti Wisuda.

SMK Negeri 2 Klaten saat ini mempunyai beberapa Jurusan, yaitu:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
  2. Teknik Mekanik Otomotif
  3. Teknik Permesinan
  4. Teknik Audio Video
  5. Teknik Pengecoran Logam
  6. Teknik Kontruksi Batu Beton
  7. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  8. Teknik Gambar Bangunan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STM Klaten yang berstatus swasta yang dipelopori Hadi Sanyoto, Y. Rukido, dan Parjimin dirintis pendiriannya pada tanggal 1 Agustus 1961. STM yang berlokasi satu kompleks dengan SKPN Jl. Merapi No. 11 Klaten. STM Klaten semula hanya memiliki 2 jurusan yaitu Jurusan Mesin dan Jurusan Bangunan. Berdasarkan SK Penegerian dari Direktorat Pendidikan Teknik No. 54/Dirpt/B.2/65 STM Klaten  secara resmi dikukuhkan pada tanggal 1 Januari 1965 sebagai Sekolah Teknik Menengah Negeri dan bertambah 1 jurusan lagi Jurusan Listrik dengan menempati gedung baru di Jl. Kalimantan No. 11 Klaten.

Pada tahun 1991 STM Negeri Klaten mendapat bantuan Bank Asean Depelopment Bank Loan 715 dengan menempati lokasi baru di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten. Di lokasi ini bertambah lagi 2 jurusan yakni Jurusan Otomotif dan Jurusan Audio Video dengan berubah nama menjadi SMK Negeri 2 Klaten berdasarkan Kepmen Dikbud RI No. 036/0/1997. Kemudian pada tanggal 6 Agustus 2002 melalui SK Direktur Dikmenjur No. 1519/C5.3/MN/2002 tentang pengembangan SMK 3 Tahun menjadi SMK dengan Program Diklat 4 Tahun. Mengingat Klaten terkenal sebagai industri pengecoran maka untuk mendukung program daerah pada tahun 2003 dibuka program baru  Teknik Pengecoran Logam.

Pada tanggal 30 Juni 2008 sesuai surat Kepala Dinas P dan K Kabupaten Klaten No. 421.5/2040/13 tentang Penetapan dan Pembukaan Program Baru menambah 2 program baru lagi yakni Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Komputer Jaringan. Sehingga SMK Negeri 2 Klaten sampai saat ini memiliki 8 Program Keahlian yaitu: Teknik Konstruksi Batu Beton, Teknik Audio Video, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif), Teknik Pengecoran Logam, Teknik Gambar Bangunan , dan Teknik Komputer Jaringan.

SMK Negeri 2 Klaten yang kini dikembangkan dengan SMM ISO 9001:2008 dengan Auditor Eksternal PT.TUV Indonesia memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja, berjiwa wirausaha, cerdas, kompetitif,dan memiliki jati diri bangsa, serta mampu mengembangkan keunggulan lokal dandapat bersaing di pasar global. Parameter keberhasilan SMKN 2 Klaten diukur berdasarkan seberapa banyak lulusan yang dapat bekerja di luar negeri dan dunia usaha dunia industri  bertaraf  internasional maupun berwirausaha mandiri (interpreuner).

Berikut ini daftar nama Kepala Sekolah dan masa baktinya selama di SMK Negeri 2 Klaten mulai tahun 1965 sampai sekarang :

NO NAMA KEPALA SEKOLAH MASA BAKTI
1 Raharjo  1965 -1976
2 Suwarto, BE 1976 - 1985
3 Samekto, BE 1985 -1992
4 Dwiatmo, BSc 1992 - 1995
5 Drs. Panidjo TS 1996 - 2002
6 Drs. Setya Subagya 2002 - 2004
7 Drs. Wahono, MPd 2004 - 2010
8 Drs. Muhamad  Soleh, MM 2010 - 2012
9 Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd 2012 - Sekarang

Tujuan[sunting | sunting sumber]

TUJUAN SEKOLAH

  1. Mengembangkan organisasi sekolah yang tersistem untuk menjadi lembaga diklat yang bermutu dan profesional serta selalu me-ngupayakan peningkatan kualitas SDM dan etos kerja sesuai perkembangan IPTEK.
  2. Menyiapkan tamatan yang memiliki iman dan taqwa, berkepribadian unggul dan mampu mengembangkan diri dengan penyelenggaraan diklat bertaraf nasional.
  3. Menghasilkan tamatan yang kompeten, profesional dan mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  4. Menjadi salah satu sumber informasi IPTEK bagi industri-industri lokal, khususnya industri kecil dan menengah.
  5. Mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi pasangan dan masyarakat dalam bisnis dan unit produksi.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

1. Osis[sunting | sunting sumber]

2. Pramuka[sunting | sunting sumber]

3. MPK[sunting | sunting sumber]

4. INFORMATION TECNOLOGY STUDY COMMUNITY (ITSC)[sunting | sunting sumber]

Information Tecnology Study Community atau disingkat dengan ITSC, didirikan pada tanggal 30 Juli 2013. salah satu misi ITSC adalah terwujudnya SMK Negeri 2 Klaten sebagai sekolah menengah yang maju dalam bidang Teknologi dan Informasi dan berdaya guna bagi masyarakat. ITSC adalah extrakurikuler siswa SMK N 2 Klaten dibawah naungan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

ITSC didirikan untuk mengenal lebih dalam tentang SMK Negeri 2 Klaten, khususnya Program Keahlian TKJ / Teknik Komputer Jaringan yang menjadi pelopor terbentuknya ITSC. ITSC memiliki struktur organisasi yang telah dituangkan dalam AD/ART dan memiliki beberapa devisi. adapun devisi yang ada di ITSC antara lain devisi Software Aplikasi, Devisi Networking, Devisi Design Grafis, Devisi Animasi dan Devisi Web.

Untuk megenal lebih dalam kelompok studi ini, silahkan mengunjungi alamat berikut http://itsc-smkn2klaten.blogspot.com

red. itsc

5. Rohis ( Rohani dan Islam )[sunting | sunting sumber]

Di era dunia yang semakin maju, menuntut manusia untuk selalu mengikuti perkembangan jaman itu sendiri. Sehingga menjadikan manusia tidak tertinggal dengan jaman, atau yang disebut “kolot / tertinggal.”

Seiring dengan teknologi yang semakin maju, membawa arus pengaruh yang semakin mendunia. Baik itu gaya hidup, pemikiran, etos kerja, dsb. Sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari majunya teknologi saat ini.

Namun, tidak sedikit pula pengaruh-pengaruh yang tidak baik yang itu menyebar dengan begitu lejit ke dunia. Budaya kekerasan, kebebasan dalam bergaul, pacaran, free sex, dsb. Pengaruh negatif inilah yang menjadikan masyarakat memiliki moral yang rusak, karena dirusak oleh teknologi yang digunakan secara tidak tepat.

Tidak sedikit kita jumpai pemuda-pemudi Muslim yang malah terjerumus ke dalam pengaruh-pengaruh negatif ini. Sehingga semangat untuk mengabdi kepada Allah tidak semaksimal sebagaimana yang diharapkan. Karena memang pengkondisian eksternal yang lebih mengutamakan kebebasan dan kebahagiaan semu dibandingkan dengan pengabdian kepada Allah Ta’ala.

Atas kondisi tersebut, banyak kita mendengar adanya kasus-kasus “Kenakalan Remaja.” Kasus ini tidak hanya di usia SMA/SMK saja. Bahkan, anak-anak SMP maupun SD pun tidak sedikit yang rusak moralnya karena pengaruh teknologi.

Hal inilah yang kemudian mendasari kami untuk membangun ekstrakulikuler di SMK Negeri 2 Klaten ini. Sebuah ekstrakurikuler yang berdiri dengan maksud untuk membangun peradaban Islam yang semakin baik melalui kegiatan pembinaan moral remaja dan kegiatan-kegiatan Masjid. Ekstrakurikuler inilah yang kita sebut dengan “ROHIS (Rohani Islam) SMK NEGERI 2 KLATEN.”

ROHIS merupakan ekstrakurikuler Kerohanian Islam yang digerakkan oleh siswa-siswi Muslim beserta pembina, untuk saling berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerjasama untuk mengadakan kegiatan-kegiatan Keagamaan Islam di ruang lingkup sekolah, untuk menjadikan umat Islam yang semakin Thoyyibah, melalui kegiatan dakwah bil hikmah dan kegiatan-kegiatan Masjid.

Visi

Menghapuskan citra negatif ROHIS, dan menjadikan ROHIS sebagai suatu media dakwah, guna mencetak kader-kader Islam yang berakhlakul karimah, beriman kepada Allah, berwawasan ilmu Islam rahmatan lil ‘alamin, berprestasi, dan berwawasan berorganisasi, serta mampu dan berani menjadi pelaksana dakwah bil hikmah. Sehingga, ROHIS SMK Negeri 2 Klaten akan menjadi contoh bagi ROHIS-ROHIS yang lain di wilayah Klaten pada khususnya, dalam hal profesionalitas organisasi dan dakwah.

Misi

a)      Mengaktifkan kembali dakwah-dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin yang berdasar pada Al-Qur’an dan Sunnah di SMK Negeri 2 Klaten,

b)      Membersihkan dan menata ulang Basecamp ROHIS guna menciptakan pengkondisian dakwah yang maksimal,

c)      Mengadakan rapat rutin untuk membahas program ke depan, serta melakukan evaluasi pada kegiatan-kegiatan sebelumnya,

d)     Menyusun strategi dakwah yang baik untuk menghasilkan generasi pendakwah yang berkualitas,

e)      Menghidupkan buletin, mading, dan berbagai fasilitas sekolah sebagai sarana dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin,

f)       Menyusun jadwal piket harian guna menjaga kebersihan masjid agar kita nyaman untuk beraktivitas di dalamnya,

g)      Membangun komunikasi yang baik dengan anggota maupun pembina,

h)      Membangun hubungan dengan ROHIS lain guna menjalin ukhuwah dan saling bertukar strategi,

i)        Melakukan kerja sama dengan ROHIS lain dalam mengadakan even akbar (seminar, lomba-lomba ke-Islam-an, dll) sebagai ajang kompetisi meraih prestasi, sekaligus menunjukkan bahwa ROHIS SMK Negeri 2 Klaten adalah organisasi yang tidak tertutup,

j)        Melakukan persiapan serta pelatihan untuk anggota ROHIS junior agar siap menjadi penerus kegiatan-kegiatan ROHIS ke depan, dengan cara melibatkan anggota ROHIS yang baru ke dalam kepanitiaan kegiatan ROHIS.

Alhamdulillah, seiring dengan berjalannya waktu, melalui berbagai dinamika kehidupan yang cukup banyak, ROHIS SMK Negeri 2 Klaten telah berhasil menyelenggarakan beberapa event akbar, yang mengundang sekolah-sekolah tingkat SLTA se-Kabupaten Klaten, bahkan sampai ke luar wilayah Kabupaten Klaten.

Di tahun 2013 kemarin, dikala pemikiran Terorisme dan Radikalisme yang merekrut orang-orang dari kalangan muda seperti pelajar, sekaligus sebagai pemikiran yang hanya akan mencoreng nama baik Islam, ROHIS SMK Negeri 2 Klaten “unjuk gigi” dalam mencari solusi atas permasalahan ini. Yakni melalui kegiatan “Seminar Anti Terorisme” yang mengundang pelajar-pelajar SLTA di 3 Kabupaten (Klaten, Surakarta, dan Sleman), Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik. Dan kita berharap ini menjadi momentum awal bagi kita untuk memerangi pemikiran Radikalisme dan Terorisme di kalangan pelajar.

Dan di tahun 2014 ini, telah kita lalui bersama kegiatan Training ESA Akbar 2014. ESA (Emotional and Spiritual Achievement) merupakan sebuah Training ESQ Remaja, yang berupaya untuk memberikan pencerahan kepada kita supaya kita tidak mudah terpengaruh dengan budaya kerusakan moral remaja.

Di akhir Penghujung tahun 2014 kami telah berhasil mengadakan AKSI ( Ajang Kreativitas Siswa Islam) yang diikuti oleh 26 sekolah dengan 115 peserta, sedangkan bidang lomba yang kami adakan dalah lomba MTQ Putra, MTQ Putri, Dai muda Putra, Dai muda Putri Dan Kaligrafi. Alhamdulillah kegiatan ini juga mendapatkan partisipasi yang positif dengan banyak guru – guru, pembina ROHIS dan Pembina OSIS dari sekolah - sekolah yang mengikuti lomba tersebut. Tujusn kami mengadakan kegiatan AKSI 2014 Adalah menumbuhkan sportifitas sesama pelajar muslim, menambahkan silaturahmi antar siswa muslim  dan memberi semangat kompetisi dalam kebaikan. Dalam kegiatan – kegiatana tersebut kita berkerjasama dengan Yayasan Al – Kahfi.

Alhamdulillah, tiga agenda akbar itu telah terlaksana dengan baik. Dan mudah-mudahan akan menjadi awal gerakan perubahan untuk mengubah masyarakat Muslim menjadi semakin baik dalam aqidah, akhlak, moral, dan pemahaman agamanya. Aamiin.

Selain kegiatan-kegiatan Akbar ini, kita juga memiliki program rutin mingguan maupun bulanan, antara lain adalah sebagai berikut:

a.       Tartil dan Tahsin,

b.      SMS Tausiyah,

c.       Pembinaan Moral Remaja,

d.      Bersih-bersih Masjid,

e.       Rapat rutin mingguan,

f.       Mading,

g.      Buletin,

h.      Update tausiyah di Blog dan Group Facebook,

i.        Diklat khotib,

j.        MABIT,

k.      Tadabbur alam, dsb.

Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan ROHIS selama ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, atas peran semua elemen, baik dari pembina, pengurus, maupun anggota..

Semoga, ROHIS SMK Negeri 2 Klaten ke depannya menjadi semakin baik, dan memiliki kader-kader yang profesional dalam melakukan manajemen program dan meng-handle suatu kegiatan. Karena kegiatan-kegiatan inilah yang kita orientasikan untuk mewujudkan masyarakat Madani, melalui kegiatan ROHIS SMK Negeri 2 Klaten. Aamiin..... Yaa Rabbal ‘alamin.....

6. Kompast ( Komando Pecinta Alam Stemsend )[sunting | sunting sumber]

Nama Organisasi Organisasi ini bernama komando pencinta alam stemsend (smk negri 2 klaten) yang selanjutnya disingkat KOMPAST.

Bentuk Organisasi KOMPAST merupakan organisasi kesiswaan dan merupakan kelengkapan non struktural di sekolah smk n 2 klaten

Waktu Pendirian Organisasi ini didirikan secara yuridis dengan disusunnya Aturan Umum dan Aturan Khusus pada tanggal 15 maret 2010 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Kedudukan Organisasi ini berkedudukan smk negri 2 klaten

Landasan KOMPAST KOMPAST mempunyai landasan idiil, landasan konstitusional dan landasan operasional :

  1. Landasan Idiil KOMPAST adalah Pancasila.
  2. Landasan Konstitusional adalah Undang-undang Dasar 1945.
  3. Landasan Operasional KOMPAST adalah Aturan Umum dan Aturan Khusus.

Tujuan KOMPAST

  1. Membentuk dan membina diri siwa ke kemajuan dan keseimbangan potensi diri dan moralitas.
  2. Mempeluas wawasan dan meningkatkan kecendikiawanan dan integritas pribadi luhur siswa di lingkungan alamnya
  3. Meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan alam dan kemanusiaan.
  4. meningkatkan persaudaraan antar siswa

Tugas Pokok KOMPAST Tugas pokok KOMPAST adalah :

  1. menyalurkan pikiran dan tenaga untuk menjaga lingkungan sekitar
  2. menjaga, melindungi , melestarikan alam
  3. menjadi tenaga sukarala dalam kegiatan konservasi alam

Fungsi KOMPAST Fungsi pokok KOMPAST adalah :

  1. sebagai media pembelajaran dalam organisasi
  2. Sebagai contoh manusia yang mencintai alam
  3. Sebagai badan koordinasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler disekolah
  4. Sebagai wahana untuk meningkatkan dan menjaga persatuan dan kesatuan seluruh warga smkn2klaten

Keanggotaan Keanggotaan KOMPAST adalah seluruh siswa atau pelajar smk negri 2 klaten yang masuk keanggotaan .

untuk mengenal jauh tentang KOMPAST SMK N 2 Klaten, klik link beikut : http://skompast.blogspot.com

7. SEF ( Students English Forum )[sunting | sunting sumber]

8. BRADASIWA[sunting | sunting sumber]

Sebuah organisasi kesiswaan di SMK N 2 Klaten dibawah naungan WKS kesiswaan yang bergerak dalam bidang paskibraka. melatih jiwa korsa dan nasionalisme yang tinggi. 

9. PMR[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]