SMK Negeri 2 Depok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMK Negeri 2 Depok
STM Pembangunan Yogyakarta
Informasi
Didirikan 1972
Jenis Kejuruan
Kepala Sekolah Drs. Aragani Mizan Zakaria
Jumlah kelas 30 ruang kelas teori ditambah dengan ruang praktik/bengkel/laboratorium
Status Negeri
Alamat
Lokasi Mrican Caturtunggal Depok KP 1039 55281, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Telp./Faks. (0274)513515
Koordinat 7^46'18.45" S ; 110^23'32.64" E
Situs web http://www.smkn2depoksleman.sch.id/


SMK N 2 Depok Sleman adalah sebuah lembaga pendidikan teknik yang dahulu bernama STM Pembangunan Yogyakarta, diresmikan tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto. Masa pendidikan yang harus ditempuh adalah 4 tahun, dengan didukung dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Setelah lulus, siswa segera dapat bekerja di sektor Industri sebagai Teknisi Industri. Pada tanggal 7 Maret 1997 dengan Keputusan Mendikbud No. 036/O/1997, nama sekolah berubah menjadi SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta.

Masa pendidikan hampir sama dengan SMK pada umumnya yaitu jenjang pendidikan kelas 10, 11 dan 12 dengan sistem pendidikan serupa, dengan praktik kerja industri untuk memperoleh pengalaman kerja dilaksanakan pada tahun keempat. Sedikit berbeda dengan SMK pada umumnya yang melaksanakan praktik kerja industri pada jenjang pendidikan kelas 11 atau 12.

SMKN 2 Depok saat ini merupakan SMK dengan jurusan terbanyak se-Yogyakarta, yaitu:

  1. Teknik Audio Video
  2. Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (Otomotif)
  3. Teknik Permesinan
  4. Teknik Gambar Bangunan
  5. Teknik Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan)
  6. Geologi Pertambangan
  7. Kimia Industri
  8. Kimia Analisis
  9. Teknik Otomasi Industri
  10. Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia
  11. Teknik Kendaraan Ringan

SMK Negeri 2 Depok sering ikut serta dalam berbagai lomba di bidang pendidikan seperti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) atau yang sekarang dikenal dengan GPBN (Gelar Prestasi dan Bela Negara). Pada tahun 2008 di Bandung dan 2009 di Yogyakarta, mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta, siswa SMK Negeri 2 Depok berhasil meraih Juara 1 (satu) dalam bidang lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional. Selain dalam segi keteknikan, SMK Negeri 2 Depok juga aktif dalam kegiatan Paskibraka, Pramuka, CCA (Cerdas Cermat Agama), Debat Bahasa Inggris, Olah Raga, Seni (Karawitan dan Teater), Jurnalistik dan masih banyak lagi. Selain itu SMK Negeri 2 Depok saat ini telah menjadi TOIC Centre di daerahnya, Kabupaten Sleman.

SMK ini dipercaya oleh PT Zyrexindo Mandiri Buana untuk merakit komputer 'SMK Zyrex'. Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Depok, Drs. Aragani Mizan Zakaria, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pembelajaran rintisan pusat bisnis manufaktur yang digagas Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depertemen Pendidikan Nasional sekaligus untuk melatih para siswa dalam pembelajaran rintisan sebagai pusat bisnis manufaktur.

Dari segi fasilitas, SMK Negeri 2 Depok memiliki gedung sekolah bagi setiap jurusan, sarana praktik, dua lokasi tempat parkir (bagi guru dan bagi siswa), auditorium, lab bahasa, kantin yang dinyatakan sebagai kantin terbaik antara SMA/SMK di kabupaten Sleman, masjid, ruang sidang, gedung-gedung dan ruangan untuk berbagai subsekbid (organisasi-organisasi dibawah OSIS SMK Negeri 2 Depok, yaitu;KTYME-K (YOC), KTYME-I KBPL, KBBP, BPPK, PAKS, dan KJDK) dan lapangan sepak bola, voli, basket.

Kegiatan Ekstra kurikuler :

1. PMR (Palang Merah Remaja)

2. GIANTS (Gerakan Insan Anti Narkoba dan Anti Seks Bebas Stembayo)

3. Karawitan

4. Teater

5. Pecinta Alam / SHC (Stembayo Hiking Club)

6. KIS (Karya Ilmiah Siswa)

7. Debat Bahasa Inggris

8. Bahasa Jerman

9. Bahasa Jepang

10. Olah Raga (basket, sepakbola, volley, bulu tangkis)

11. Seni Baca Alqur’an

12. Kaligrafi

13. Paskibra (Balakra)

14. Pramuka

15. Seni Bela Diri Pencak Silat Merpati Putih

16. Jurnalistik

17. Kewirausahaan