SMA Negeri 6 Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 6 Kota Cirebon
Informasi
Didirikan 1988
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, X CI, XI IPA CI, XI IPA, XI IPS, XII IPA CI, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013
Alamat
Lokasi Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo no 79 telp (0231)-208089 http://sman6-kotacirebon.sch.id/, Cirebon, Jawa Barat

SMA Negeri (SMAN) 6 Cirebon, terletak di jalan Dr Wahidin Sudirohusodo no.79 Kota Cirebon, Jawa Barat merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 6 Cirebon ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. SMAN 6 Cirebon adalah satu satunya sekolah menengah atas di cirebon yang memiliki program akselerasi (sekolah yang ditempuh lebih cepat) dalam kurun waktu 2 tahun para pelajar sudah bisa menyelesaikan semua bidang studi yang dipelajari di sma, akselerasi dibuka pada tahun 2011 .

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.[butuh rujukan]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 6 Cirebon untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)[sunting | sunting sumber]

OSIS SMAN6 Cirebon


Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi yang diakui secara sah dan bersifat formal yang dibentuk dengan tujuan guna membantu pihak sekolah dalam mencapai visi dan misi.Pembentukan organisasi ini pun dibentuk dengan landasan hukum mengenai kegiatan intra sekolah yang menyangkut pada tingkat perkembangan siswa.OSIS sendiri dibentuk berdasarkan penyeleksian yang sesuai agar setiap pengurusnya dapat menjalankan tugas dengan kinerja yang maksimal. Dengan sumber daya yang memiliki potensial melalui penyeleksian yang sarat akan unsur pendidikan, diharapkan mampu membantu mendukung sekolah dalam pembentukan siswa berkarakter. Organisasi ini merupakan salah satu wadah yang berpotensial menampung aspirasi siswa dengan segala daya kreativitasnya.Unsur dari organisasi ini meliputi penanggung jawab, Pembina, pengurus osis serta semua elemen yang terlibat dalam satu lingkungan sekolah.Unsur demokrasi pun digunakan dalam hal pemilihan beberapa pengurus inti Osis dengan maksud melibatkan seluruh warganya agar semuanya berjalan transparan dan mendapatkan dukungan yang penuh. Pengembangan kepribadian seseorang dapat dicapai melalui beberapa proses diantaranya melalui keikutsertaannya dalam berorganisasi. OSIS memiliki sebelas bidang ekstrakurikuler yakni Paskibra, Pramuka, PMR, IRMA, Seni, KIR, Jurnalistik, Olahraga, English Club, Nihongo Club, dan IT Club. Melalui kegiatan ini OSIS inilah peserta didik dihadapkan pada realitas social dalam kesadaran mereka sebagai bagian dari masyarakat. Mereka kan mendapat kemajuan dengan membantu, memberikan kontribusi dalam berbagai kegiatan. Hal-hal tersebut dapat menjadikan mereka sebagai orang yang seimbang dan mempunyai kepedulian besar.

Kepengurusan OSIS SMAN 6 Cirebon

KEPENGURUSAN

Pola Kepengurusan

OSIS dipimpin oleh seorang Mitratama dibantu oleh dua orang Mitramuda. Dalam melaksanakan tugasnya, ketua dan wakil ketua OSIS dibantu oleh tiga orang Sekretaris, dua orang Bendahara, dan para pembantu lain yang tergabung dalam delapan seksi masing-masing yang koordinir oleh masing masing ketua sekbid diantaranya bidang Ketaqwaan terhadap Tuhan YME; Kehidupan Berbangsa dan Bernegara; Pendidikan dan Pendahuluan Bela Negara; Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur; Berorganisasi Politik dan Kepemimpinan; Keterampilan dan Kewirausahaan; Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi; Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni. Di samping kepengurusan inti, OSIS memiliki sebelas kepengurusan kegiatan ekstrakurikuler yaitu Paskibra, Pramuka, PMR, IRMA, KIR, Jurnalistik, Olahraga, Seni, English Club, Nihongo Club dan IT Club. Setiap ekstrakurikuler dikoordinir oleh seksi bidang tertentu yakni Paskibra dikoordinir Sekbid Kehidupan Berbangsa dan Bernegara; Pramuka, PMR, dan KIR dikoordinir oleh Sekbid Pendidikan dan Pendahuluan Bela Negara; IRMA dikoordinir oleh Sekbid Ketaqwaan terhadap Tuhan YME; Koperasi dikoordinir Sekbid Keterampilan dan Kewirausahaan; Seni dikoordinir Sekbid Apresiasi dan Kreasi Seni; Olahraga dikoordinir Sekbid Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi. Peraturan pelaksanaan kegiatan OSIS mengacu pada Tata tertib Siswa SMA Negeri 6 CIREBON BAB I Pasal 2, pasal 3, dan pasal 6.Tata tertib tersebut merupakan aturan yang mengikat seluruh siswa SMA Negeri 6 Cirebon sebagai anggota OSIS

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 6 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

  • Paskibra Elan Propatria
  • Pramuka
  • PMR
  • Karya Ilmiah Remaja
  • Seni (Garasi 79)
  • Olahraga
  • Jurnal (Jurasix Park)
  • Remaja Masjid (IRMA)
  • B. Jepang (Nihongo)
  • Komputer (Critix)
  • English Club (EC)