SMA Negeri 1 Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Sidoarjo
Gedung Depan SMA Negeri 1 Sidoarjo
Informasi
Kepala Sekolah Drs. Sukemad, M.Pd.
Program/jurusan/
peminatan
IPA
IPS
Bahasa
Rentang kelas X
XI IPA dan XI IPS
XII IPA, XII IPS, dan XII BHS
Kurikulum Kurikulum 2013
Jumlah siswa ± 900 Siswa (± 30 Siswa per kelas)
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jalan Jenggolo No. 1, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Telp./Faks. 031-8941493
Situs web SMA Negeri 1 Sidoarjo


Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sidoarjo (juga akrab disebut SMANISDA) adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang bertempat di Jalan Jenggolo No.01, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Kepala sekolah SMANISDA periode kali ini adalah Bpk Drs. H. Sukemad M,Pd yang sebelumnya menjabat di SMA Negeri 1 Krian. Beberapa renovasi digalakkan, seperti perbaikan pada taman, kamar mandi, mushola, dan pagar. Pembangunan kolam, peninggian ruang kelas, serta pengalihtempatan beberapa ruang sarana dan prasarana juga dilakukan.

Ruang Kelas dan Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Kelas X terdiri dari 10 kelas program IPA, dengan salah satu di antaranya menerapkan Sistem Kredit Semester 2 tahun dan 2 kelas program IPS. Sedangkan kelas XI & XII, terdiri dari 9 kelas program IPA dan 2 kelas program IPS. Tahun ini, 1 kelas program percepatan (akselerasi) juga tersedia.

Tidak tersedianya program bahasa beberapa tahun belakangan, lantaran rendahnya minat siswa terhadap program ini. Mayoritas siswa cenderung memilih program IPA daripada program lain.

Sebelum MK memutuskan penghapusan status Sekolah Berstandar Internasional bagi sekolah negeri, SMA Negeri 1 Sidoarjo merupakan salah satunya di Kabupaten Sidoarjo. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dan metode pembelakaran diadopsi serta disesuaikan dengan kurikulum pendidikan internasional. Kurikulum ini merupakan hasil adaptasi dari Cambridge Curriculum, salah satu universitas di Australia.

Saat ini, SMA Negeri 1 Sidoarjo menerapkan Kurikulum KTSP pada program akselerasi dan tahun ketiga program IPA ataupun IPS. Sementara Kurikulum 2013 ditujukan pada tahun kedua dan tahun pertama.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Beberapa siswa yang tergabung dalam United Folding@Home of SMANISDA (UFS) ikut serta berkontribusi dalam proyek penelitian protein yang diselenggarakan oleh Departemen Kimia dan Biologi Struktural dari Stanford University, California. Kontribusi yang diberikan akan dapat membantu memahami proses pembentukan dan pelipatan pada protein serta pengembangan obat-obatan untuk penyakit seperti Alzheimer, Huntington, Parkinson, sapi gila, kanker dan penyakit-penyakit lain yang berkaitan. Informasi lebih lanjut di Folding@Home. Sertifikat kontribusi UFS:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler Aktif:[1]

Jenis Ekskul Nama
Kerohanian Islam SKI (Sie Kerohanian Islam)
Paskibra Garsakti Smanisda
Paduan Suara GSC (Gita Smanisda Choir)
Palang Merah Remaja PMR PMR SMANISDA
Futsal -
Robotika RODA (Robotika Smanisda)
Jurnalistik Ekspresi
Debat Bahasa Inggris EFoS (English Federation of Smanisda)
Basket One's
Drama Teater Ambigu
Orkestra Virtuoso
Tari Tradisional -
Modern Dance B-Ones Crew
Tae kwon do Taekwondo Smanisda
Film SMC (SMANISDA Moviemaking Club)
Seni rupa S-Art (SMANISDA-Artist)
Karawitan KARSO

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini memiliki beberapa organisasi, baik yang merupakan organisasi sekolah maupun perkumpulan beberapa siswa, diantaranya

  • OSIS SMAN1SDA
  • MPK (Majelis Perwakilan Kelas)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ekspresi. SMANISDA, 2011, hal. 11-13.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]