SMA Negeri 1 Polewali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali
Data Sekolah
Berdiri: 1972
Provinsi: West Sulawesi
Alamat Lengkap: Jl. H.A. Depu 116 Pekkabata Polewali Mandar
Nomor Telepon/Fax:
Kepala Sekolah: Drs. Muhammad Faezal, M.Si.
Jumlah Kelas: 31 kelas
Program Jurusan: IPA, IPS, MIA, IIS, IBB
Rentang Kelas: X MIA, X IIS, X IBB, XI MIA, XI IIS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum: Kurikulum 2013
Jumlah Siswa: 1071 siswa
NEM Masuk terendah:
NEM Masuk tertinggi:
NEM Masuk rata-rata:
Status sekolah: Rintisan sekolah bertaraf Internasional (RSBI) tahun 2009

SMA Negeri (SMAN) 1 Polewali, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Polewali Mandar Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Polewali ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

SMA Negeri 1 Polewali berada di Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat dan berdiri sejak tahun 1967. Awalnya SMA Negeri 1 Polewali menumpang di Kodim 721, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali dan sekolah ini bernama SMA 286 sekitar tahun 1964. Pada tahun 1967, pihak sekolah meminta kepada pemerintah agar dibuatkan gedung sekolah tersendiri dan mengubah nama menjadi SMA Negeri 1 Polewali. Kepala sekolah pertama SMA Negeri 1 Polewali adalah Nontji Syamsi. Jurusan yang terdapat di SMAN 1 Polewali pada awal pembangunan adalah Ilmu Sosial 2 kelas, Ilmu Fisika 3 kelas, Ilmu Biologi 3 kelas dan Ilmu Bahasa 2 kelas.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK. Kemudian, menggunakan Kurikulum 2013 pada tahun yang sama.

Adiwiyata[sunting | sunting sumber]

Seperti sekolah pada umumnya di seluruh Indonesia, SMA Negeri 1 Polewali juga melaksanakan program Adiwiyata sesuai program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

ADIWIYATA berasal dari 2 kata, yaitu “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

SMAN 1 Polewali sangat berperan aktif menjalankan program Adiwiyata tersebut. SMAN 1 Polewali ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata pada tahun 2013. Dan pada tahun 2014, SMAN 1 Polewali diusulkan sebagai calon sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Sulawesi Barat. Smansa Polewali selalu melakukan yang terbaik untuk menyukseskan program ini.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Polewali untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]