SMA Negeri 1 Manado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Manado
Informasi
Didirikan 1 November 1950
Program/jurusan/
peminatan
IPA, IPS, dan Bahasa
Rentang kelas X, XI dan XII
Kurikulum KTSP
Alamat
Lokasi Jalan Pramuka No. 102, Manado, Sulawesi Utara
Situs web http://www.sman1manado.sch.id


SMA Negeri (SMAN) 1 Manado atau akrab disapa SMANSA Manado, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri Unggulan yang ada di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dan dikenal sebagai SMA Segudang Prestasi. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Manado ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Hanya sekolah ini memiliki perbedaan yaitu Keunggulan Lokal.

Tercatat pada Tahun Ajaran 2012/2013, di sekolah ini terdapat 91 Guru Tetap dan 8 Staf Tata Usaha, dan lebih dari 30 sampai 45 siswa per kelas (55 kelas). Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan KTSP, yang sebelumnya dengan KBK.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Manado didirikan pertama kali bernama SMA Negeri Bagian BC Manado sesuai Surat Keputusan Ketua K.P.P.K Makassar Nomor: K.428/144/50 tanggal 31 Oktober 1950 lalu terhitung mulai 01 November 1950 dengan Kepala Sekolah H. Ch. Abutan dan Wakil Kepala Sekolah J. R. C. Supit dan Staf Tata Usahanya adalah J. P. G. Sampul. Bagian BC merupakan istilah penjurusan Sekolah Menengah Atas pada waktu itu, yakni Jurusan B (Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam) dan Jurusan C (Ilmu Sosial). Pada saat didirikan jumlah siswa yang ada sebanyak 30 orang ditambah dengan 30 siswa SGA Negeri Manado yang bergabung.

Pada tahun 1956 SMA Negeri Bagian BC Manado membuka filial Amurang yang sekarang menjadi SMA Negeri Amurang dengan Kepala Sekolah waktu itu adalah F. C. Mangindaan. Kemudian tahun 1957 SMA Negeri Bagian BC Manado ketambahan satu jurusan lagi yakni jurusan A (Bahasa) sehingga menjadi SMA Negeri Bagian ABC Manado. Kemudian pada bulan Juli 1959 hingga Desember 1960 Kepala SMA Negeri Bagian ABC Manado dijabat oleh David Mantik dan Wakil Kepala Sekolahnya F. Mandey, BA.

Oleh karena kebutuhan akan pendidikan SMA semakin meningkat, maka SMA Negeri Bagian ABC Manado dibagi menjadi dua yakni SMA Negeri 1 Manado dan SMA Negeri 2 Manado terhitung mulai 01 Agustus 1960 sesuai Surat Keputusan K.P.P.K Makassar Nomor : 361/SK/B.III. Kepala SMA Negeri 1 Manado pada saat itu dijabat oleh Sartono M. D. Dia pernah mengikuti pendidikan bidang studi Ilmu Alam di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1962 SMA Negeri 1 Manado membuka filial lagi di Kotamobagu yang sekarang bernama SMA Negeri Kotamobagu.

Tanggal 01 Agustus 1960 dijadikanlah hari berdirinya SMA Negeri 1 Manado yang sekarang diperingati sebagai Dies Natalis setiap tahunnya. Selama perjalanan SMA Negeri 1 Manado sejak tahun 1960 telah mengalami beberapa kali penggantian pimpinan sekolah, antara lain :

  • Tahun 1960 – 1965 Sartono M. D
  • Tahun 1965 – 1967 Drs. D. Karinda
  • Tahun 1967 – 1971 Drs. U. V. Sondakh
  • Tahun 1971 – 1974 Dra. Ny. M. M. W. Supit-Kalalo
  • Tahun 1974 – 1982 Drs. H. F. Lalu
  • Tahun 1982 – 1995 Ferry Makalew, B.Sc
  • Tahun 1995 – 2000 Drs. J. C. Namsa
  • Tahun 2000 – 2006 Drs. A.D.N. Mintjelungan, MS
  • Tahun 2006 – 2007 Dra. Marlyn J. Taroreh 
  • Tahun 2007 – 2012 Drs. Ferdy Robot
  • Tahun 2012 – 2015 Drs. Djeki W. Kojo, M.MPd
  • Tahun 2015 – sekarang DR. Deysie Lumowa M.Pd

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Sistem KBM[sunting | sunting sumber]

Kurikulum yang digunakan sampai tahun ajaran 2013/14 adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum SMA Negeri 1 Manado, artinya kurikulum tersebut disusun atau produk SMA Negeri 1 Manado sendiri. Di mana setiap sekolah diberi kewenangan dari Kementerian Pendidikan Nasional untuk menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan potensi dan karakter sekolah. Pada tahun ajaran 2014/15 SMA Negeri 1 Manado menggunakan Kurikulum 2013 untuk kelas X dan XI.

Sejak tahun 2008, SMA Negeri 1 Manado telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebagai Sekolah Program PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal). Keunggulan lokal yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Manado adalah bidang ICT dan Bahasa Inggris. SMA Negeri 1 Manado juga sebagai Sekolah Model Pembelajaran Bahasa Inggris sejak tahun 2005.

Kerjasama Sekolah[sunting | sunting sumber]

Adapun para siswa diwajibkan untuk memilih salah satu Bahasa Asing yang diminatinya dari 3 Bahasa Asing Pilihan, yaitu: Bahasa Jerman,Bahasa Prancis, dan Bahasa Jepang. Sejak tahun 2010, SMA Negeri 1 Manado telah melaksanakan kerjasama di bidang pendidikan dengan Kedutaan Besar Jerman dan Goethe Institut di Jakarta sebagai salah Sekolah Mitra Indonesia-Jerman (Schulen: Partner der Zukunft atau PASCH), di mana MoU-nya telah dilaksanakan pada bulan Juli 2010 yang disaksikan oleh Bapak Walikota Manado, Harley Mangindaan. SMA Negeri 1 Manado adalah salah satu dari 28 sekolah di Indonesia yang dipilih oleh pemerintah Jerman untuk mengikuti program tersebut. Program Sekolah Mitra ini menyediakan wadah bagi para siswa di seluruh dunia untuk belajar Bahasa Jerman dan mendapatkan Sertifikat Bahasa Jerman dari jenjang A1, A2, hingga B1 (CEFR) agar dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke negara tersebut.

Prestasi Sekolah[sunting | sunting sumber]

Guru Berprestasi[sunting | sunting sumber]

Beberapa guru SMA Negeri 1 Manado terpilih sebagai guru berprestasi atau guru teladan tingkat Nasional di Jakarta. Adapun prestasi dan kehormatan secara institusi yang diperoleh oleh SMA Negeri 1 Manado adalah pada bulan Desember 2009 lalu SMA Negeri 1 Manado mendapat kehormatan dikunjungi langsung oleh Wakil Presiden ke-6 Rebuplik Indonesia Bapak Prof. Boediono, melakukan tatap muka dengan guru dan pegawai.

Pada bulan September 2011, SMA Negeri 1 Manado dipercayakan menjadi salah satu sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk mata pelajaran Fisika dan Kimia.

Prestasi Siswa[sunting | sunting sumber]

Sejak berdirinya, SMA Negeri 1 Manado telah banyak mengukir prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik, antara lain :

Akademik :

Non Akademik

dan berbagai kejuaraan lainnya.

SMA Negeri 1 Manado tergolong SMA Terbaik Provinsi Sulawesi Utara yang telah mengukir prestasi sekaligus mengharumkan nama Daerah di tingkat Nasional, bahkan Internasional. SMA Negeri 1 Manado saat ini masih menjadi sasaran utama bagi calon siswa baru dari berbagai kalangan. SMA Negeri 1 Manado sangat di Kenal Sulawesi Utara, Nasional, hingga Pendidikan Internasional. Mempunyai predikat THE BEST SCHOOL, Sekolah Barometer SULUT, Sekolah Akreditasi A, Sekolah Kemitraan Jerman, Keunggulan Lokal bidang Bahasa Inggris dan sekolah berbasis ICT di Manado.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Manado antara lain