SMA Negeri 1 Ciruas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SMA Negeri 1 Ciruas adalah salah satu Sekolah menengah atas berstatus negeri yang terletak di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, provinsi Banten.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Ciruas berdiri tahun 1984 bertempat menumpang di SMPN 1 Ciruas. Beberapa tahun berikutnya SMA Negeri 1 Ciruas yang juga diisukan sebagai SMAN 3 Serang mendapatkan bangunan sendiri dikawasan yang sangat strategis karena berada di Jalan Raya Jakarta Km.9,5 Serang, tepatnya dikampung Kuaron Desa Citerep.

Bapak Sumarna Miharja, B.A (Alm), beserta jajarannya terus menata dan membenahi diri dan mampu memimpin SMA Negeri 1 Ciruas sampai 1989, decade berikutnya Bapak Sumarna yang demikian tegas dengan berat hati beralih tugas ke SMAN 2 Kota Serang (SMAN 1 Cipocok Jaya red). Pimpinan SMA Negeri 1 Ciruas dipegang oleh Bapak Hasanuddin, B.A banyak sudah keberhasilan yang dicapai dibawah pimpinan beliau, akhirnya setelah 5 tahun sudah tepatnya 1994, beliau dialih tugaskan ke SMAN 1 Serang. Selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Drs. Nana sampai tahun 1966. Pada masa ini SMA Negeri 1 Ciruas lebih santai tapi serius dan yang perlu dicatat SMA Negeri 1 Ciruas mulai memperlihatkan jati dirinya sebagai salah satu sekolah yang perlu diperhitungkan dikawasan Serang.

Era selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Drs. Azis Haidiri, beliau sangat tegas dan disiplin dalam memimpin SMA Negeri 1 Ciruas, dan pada tanggal 16 Februari 2004 di Kabupaten Serang terjadi rotasi kepala sekolah dan sekarang SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh bapak Rahyat Supiadi, dimasa kepemimpinan beliau banyak sekali perubahan-perubahan terutama dalam kebersihan. Penghijauan di lingkungan sekolah dan sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar, pada tanggal 1 Juni 2006 Bapak Rahyat Supriadi berakhir masa tugasnya (Purnabakti/ pension red) dan SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Bapak Deni Arif Hidayat, S.Pd, M.Pd Bapak Deny Arief Hidayat tidak lama di SMA Negeri 1 Ciruas hanya 8 bulan saja tapi pengaruhnya sangat Dan selanjutnya SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Bapak Drs. Suparman Hakim (alm) sejak awal Tahun Pelajaran Baru 2007/2008 SMA Negeri 1 Ciruas. Semua rintangan rasanya lebih ringan dari tahun ke-tahun, tapi didepan telah ditunggu tantangan yang lebih besar. Namun Sang Khaliq berkata lain Dia lebih dahulu memanggilnya sebelum mencapai impiannya untuk memajukan SMA Negeri 1 Ciruas. Lalu SMA Negeri 1 Ciruas ini di pimpin oleh Drs. H Satal Mawardi, M.Pd. selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Namun Sang Pencipta berkehendak lain, Dia lebih dahulu memanggilnya sebelum menuntaskan tugasnya untuk memimpin sekolah ini. Dan pada tahun ajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Ciruas dipimpin oleh Kepala Sekolah baru yang lebih muda dan tegas yaitu Bapak Mohamad Najih, M.Pd dengan kepimimpinan Beliau sekolah ini jauh lebih baik lagi dari sebelumnya dan menjadi sekolah favorit di Provinsi Banten bahkan Nasional.

Era baru dengan kepemimpinan bapak Yanto S.Pd., M.M dimulai pada Oktober 2020, yang hingga saat ini masih menjabat sebagai kepala sekolah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]