SMA Negeri 1 Balige

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Balige
Sman 1 balige.jpg
Informasi
Didirikan 27 Juli 1950
Akreditasi A[1]
Nomor Statistik Sekolah 301070017005
Kepala Sekolah

Makmur Siahaan, S.Pd.

(2011-sekarang)
Jumlah kelas 34
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 840
Alamat
Lokasi Jl. Kartini Soposurung,, Balige, Sumatera Utara,  Indonesia
Telp./Faks. 0632 - 21082
Situs web sman1balige.sch.id

SMA Negeri (SMAN) 1 Balige, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia dan merupakan salah satu sekolah tertua di Balige. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Balige ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.[rujukan?]

Sejarah Singkat SMAN 1 Balige[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Balige didirikan pada tanggal 27 Juli 1950 dan dikepalai oleh Bapak Guru Albinus Simanjuntak dari tahun 1950 s/d 1952 Pada awal berdirinya SMA N 1 Balige hingga sekarang terletak pada lahan yang sangat strategis yang luasnya 22. 336 m 2 dan terletak pada dua lokasi, lokasi pertama adalah tempat gedung berdiri sebagai tempat belajar mengajar yang luasnya 11. 759 m 2 lokasi kedua berada pada seberang jalan raya yang dipakai sebagai lapangan bola volly dan basket yang luasnya 10. 567 m2. Awalnya bangunannya sangat sederhana yaitu berbentuk dengan semi permanen. Namun sebagai satu satu nya SMA yang berstatus negeri pada masa itu. Kepedulian pemerintah memperbaiki sarana maupun prasarana sangat mantap.


Ditengah tengah menjamurnya sekolah dan pentingnya dunia pendidikan, SMA N1 Balige tetap berdiri kokoh dan megah ditengah tengah bangunan sekolah yang semakin banyak. Dari sejak SMA Negeri 1 Balige berdiri hingga saat ini telah banyak menetaskan SDM-SDM, pemikir dan pemrakarsa pembangunan di negeri tercinta ini oleh sebab itulah pelayanan mutu dan kepedulian terhadap generasi muda menjadi cita cita sekolah ini. Sampai saat ini SMAN 1 Balige masih tetap eksis berada di Jln. Kartini Soposurung Desa Hinalang Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Perjalanan panjang yang telah dilalui SMAN 1 Balige dari awal berdirinya hingga sekarang membuat SMAN 1 Balige menjadi sekolah yang sudah benar benar matang dan menunjukkan kedewasaanya dalam segala hal.


Kematangan dan kedewasaan yang dimiliki SMAN 1 Balige menjadi SMA ini bener benar mampu dan eksis menetaskan siswa siswi yang mampu menjadi orang orang penting dan sikses serta berguna ditengah tengah masyarakat negara bangsa dan agama.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Balige untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

Referensi[sunting | sunting sumber]