S.O.S

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
S.O.S
Sos Girlband.jpg
Latar belakang
Asal Bendera Korea Selatan Seoul, Korea Selatan
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Genre Kin-pop (Korea-Indonesia Pop), Dance-pop, Hip-hop
Tahun aktif 2013–sekarang
Label YS Media Entertainment
Sony Music Entertainment
Rainbow Bridge Agency
Artis terkait S4
Situs web Situs resmi
Anggota A.G.
J.L.
Mary (Leader)
P.B.
SUN
YeYe

S.O.S (Singkatan dari Sensation of Stage) adalah girl-group Indonesia yang beranggotakan para finalis Galaxy Superstar musim pertama yang tayang di Indosiar pada tahun 2012. Grup ini dibentuk oleh YS Media Entertainment dan mendapatkan pelatihan di Rainbowbridge Agency selama 1 tahun di Korea Selatan. Single andalan mereka yang berjudul "Drop It Low" resmi dirilis pada tanggal 14 Februari 2013. Single mereka ini di tayangkan di 64 negara di Asia dan Eropa melalui Arirang TV (Stasiun TV Korea Selatan).

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum debut mereka merupakan para finalis Galaxy Superstar yang tayang di Indosiar TV. Hanya 2 member yang lolos dan masuk 11 besar dan berangkat terlebih dahulu ke korea selatan untuk menjalani training disana, yaitu Maria dan Yeye. ketika ajang pencarian bakat Galaxy Superstar masih berjalan, Maria tidak lolos ke tahap selanjutnya dan sempat pulang ke Indonesia, dan yang berhasil sampe final hanya Yeye. Tetapi Yeye dan 3 perempuan lainnya tidak memenangkan ajang pencarian bakat tersebut. Setelah ajang pencarian bakat Galaxy superstar berakhir, YS Media Entertainment mengumpulkan kembali para finalis dari 20 besar Galaxy Superstar yang diantaranya Anggi, Andi Adisty, Sania, dan Febrianty ditambah Yeye dan Maria yang kemudian mereka berenam di berangkatkan ke korea untuk menjalani training di bawah managemen korea Rainbow Bridge Agency selama kurang lebih 1 tahun disana. Mereka di training dalam segi vocal, dance, attitude dan lain sebagainya sampai mereka siap untuk debut menjadi artis. Di korea sendiri, untuk menjadi seorang artis, mereka akan di siapkan secara matang, baik secara vocal, dance, acting, attitude dan lain sebagainya sampe dia siap untuk debut menjadi seorang aktris/aktor. Dan begitupun yang di terapkan oleh Rainbow Bridge selaku managemen yang menanungi Anggi, Adisty, Febri, Sania, Maria dan Yeye. 12 jam setiap hari (kecuali minggu dan hari libur) mereka jalani training dalam segi vocal maupun dance.

Pada tanggal 14 Februari 2013, akhirnya mereka debut sebagai SOS (Sensation Of Stage) yang berarti Sensasi di atas panggung. Dan mereka mengeluarkan mini album pertama bernama "Start Of Sensation" yang di dalamnya ada 4 lagu. single perdana andalan mereka yang berjudul "Drop it Low" ini terdapat 2 versi, ada English Version dan Indonesian Version. "Drop it Low" sendiri diciptakan oleh salah satu pencipta lagu terkenal di Korea Selatan yang bernama Seo Yong Bae yang di bagi kedalam 2 Version yakni Indonesia Version dan English Version. Untuk Lirik Indonesian Version sendiri ditulis oleh seorang novelis Indonesia bernama Valiant Yogi Vabyo. untuk perilisan MV/Video klip single perdana mereka ini telah disiarkan di 64 negara di Asia dan Eropa. Untuk single kedua berjudul "Independent Girl" juga dibagi ke dalam 2 version yakni Indonesian Version dan English Version.

SOS sendiri terdiri dari 6 member yang bernama Maria (Mary), Sania (Sun), Adisty (PB), Anggi (AG), Febrianty (JL) dan Yeye (Yeye). nama fans mereka dinamakan 911 (nine one one), hal ini dikarenakan karena SOS identik dengan emergency yang selalu dikaitkan dengan 911. Ada juga untuk sebutan fans dari masing-masing member yaitu Mary (PriMary), Sun (Sunshine), AG (AGorgeous), PB (PBeauty), JL (JLstars) dan Yeye (Yeyeverss). SOS sendiri merupakan Girl-Group Indonesia pertama hasil didikan dan kerjasama Indonesia-Korea di bawah manajemen YS Media Entertainment dan Rainbow Bridge Agency.

Mini Album[sunting | sunting sumber]

Mini Album pertama yang bertajuk Start Of Sensation berisi 4 lagu. Album tersebut berisi lagu andalan mereka "Drop It Low" ( (Indonesia dan English Version) dan Independent Girl (Indonesia dan English Version). Konsep album mereka ini lebih mengarah ke Rock Girls/Bad Girls. ini terlihat dari segi kostum yang mereka pakai pada lagu "Drop It Low". Lagu Drop It Low sendiri bercerita tentang seorang perempuan yang ditinggal kekasihnya pergi yang kemudian dia bangkit dan mengubah semua penampilannya demi membalas dendam kepada kekasihnya bahwa dia tidak lama bersedih karena ditinggal kekasihnya itu. Sedangkan untuk lagu Independent Girl ini merupakan lanjutan dari cerita dari lagu "Drop It Low" sendiri dimana dia menjadi wanita yang mandiri dan tegar pasca di tinggal kekasihnya itu.

Pada tanggal 21 September 2013, SOS akhirnya mengeluarkan mini album kedua yang bernama "The 1st Love". Dimana album ini merupakan lanjutan cerita dari album sebelumnya (Start Of Sensation). Didalam album ini, cerita dalam lagunya lebih mengarah kepada wanita yang sedang jatuh cinta. Terbukti dari lagu "Tik Tok" dimana lagu ini menceritakan kepada seorang wanita yang menunggu untuk jatuh cinta kembali. Dilanjut dengan lagu "Cherry Love", dimana lagu ini merupakan lanjutan cerita dari lagu sebelumnya "Tik Tok" yang menceritakan bahwa dia menemukan cintanya yang lain/jatuh cinta kembali. untuk "Show Me Love" lebih mengarah kepada cerita bahwa dia mengharapkan cintanya di balas. Dan konsep baru untuk SOS ini, lebih ke Girly atau feminim dan seksi, hal ini terlihat dari perubahan kostum, style dari masing-masing member ketika rilis lagu comebacknya kemarin.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Nama Lahir Nama Panggung Tanggal Lahir Posisi
Maria Olivia Budiman Mary 21 Desember 1989 Leader, Main Dancer, Sub-Vocal (Dance Unit)
Sannia Arumasari SUN 13 Agustus 1991 Main Dancer, Sub-Vocal (Dance Unit)
Jodis Rezky Anggreny Sarira Mangiwa A.G 1 Agustus 1993 Visual, Lead Dancer, Sub-Vocal (Dance Unit)
Andi Adisty Wahyuni Yusuf Putri Manambung P.B 2 September 1993 Lead Vocal (Vocal Unit)
Veronica Febrianty J.L 15 Februari 1994 Main Vocal (Vocal Unit)
Yedi Yelia Dongoran YeYe 31 Juli 1994 Lead Vocal, Maknae (Vocal Unit)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Mini Album/Extended Play (Pertama)
Tahun Mini Album # Informasi Tracklist
2013 Start Of Sensation "Sensation Of Stage "
  • Released: 14 Februari 2013
  • Language: Indonesia, Inggris
  • Label: Sony Music International
  • Format: CD, digital download
  1. "Drop It Low"
  2. "Independent Girl"
  3. "Drop It Low (Versi Inggris)"
  4. "Independent Girl (Versi Inggris)"
  5. "Drop It Low(Instrumental)"
  6. "Independent Girl (Instrumental)"
Mini Album/Extended Play (Kedua)
Tahun Mini Album # Informasi Tracklist
2013 The First Love "Sensation Of Stage "
  • Released: 21 September 2013
  • Language: Indonesia, Inggris
  • Label: Sony Music International
  • Format: CD, digital download
  1. "Show me love feat Mario (Eng. Ver)"
  2. "Tik Tok (Ind. Ver)"
  3. "Cherry Love (Ind. Ver)"
  4. "Show Me Love (Instrumental)"
  5. "Tik Tok (Instrumental)"
  6. "Cherry Love (Instrumental)"

Single[sunting | sunting sumber]

  • 2013 Drop it Low (indo and Eng Ver)
  • 2013 Independent Girl (Indo and Eng Ver)
  • 2013 Show me love feat Mario (Eng Ver)
  • 2013 Tik Tok (Indo Ver)
  • 2013 Cherry Love (Indo Ver)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]