Rute Eropa E20

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

E20 shield

E20
Persimpangan besar
Ujung Barat: Bandar Udara Shannon (Irlandia)
Ujung Timur: St Petersburg (Rusia)
Letak
Negara: Irlandia, Britania Raya, Denmark, Swedia, Estonia, Rusia
Sistem jalan bebas hambatan

Jaringan Jalan Internasional

Rute Eropa E 20 adalah bagian dari jaringan jalan internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jalan ini melalui bagian timur-barat Irlandia, Britania Raya, Denmark, Swedia, Estonia, dan terakhir Rusia, dengan panjang 1.880 km (1,170 mil). Jalan ini tidak bersambung, pada tiga titik, dibutuhkan penyeberangan laut. Kapal feri roro digunakan untuk menyeberang dari Dublin ke Liverpool dan dari Stockholm ke Tallinn. Tidak ada kapal yang melalui Laut Utara dari Kingston-upon-Hull hingga Esbjerg (sampai Februari 2011).

Bagian Irlandia[sunting | sunting sumber]

Permulaan jalur E 20 dari Bandar Udara Shannon ke Dublin melalui Limerick memiliki panjang kurang lebih 228 km dan hanya sebagian ditandai, bersama dengan M7/N7. Bagian dari Bandar Udara Shannon ke bagian timur Limerick kebanyakan jalan raya kembar dengan sedikit bagian jalan bebas hambatan kendali sebagai bagian dari Jalan Lingkar Luar Selatan Limerick. Terowongan Shannon dibuka 16 Juli 2010, menyempurnakan jalan pintas Limerick. Jalan Limerick menuju Naas adalah jalan bebas hambatan kendali (M7), dan bagian terakhir dari Naas ke Dublin ialah jalan raya kembar (N7). Kapal feri digunakan untuk menyeberang dari/ke Dublin menuju Liverpool.

Bagian Britania Raya[sunting | sunting sumber]

E 20 mengikuti jalur A5080 dari Liverpool menuju Huyton, M62 dari Huyton menuju Cave Selatan, dan A63 dari Cave Selatan menuju Kingston-upon-Hull. Di Britania Raya, jalan-jalan ini tidak diberi tanda.

Tidak ada kapal feri dari Kingston-upon-Hull menuju Esbjerg. Sebagai alternatif, layanan kapal feri melalui Harwich (350 km/220 mil dari Kingston-upon-Hull) menuju Esbjerg.

Bagian Denmark[sunting | sunting sumber]

The M62 passes Waduk Scammonden di Yorkshire Barat.
E 20 dekat Odense, Denmark.
Di Jembatan Oresund.
Bersama dengan bagian Timur Oresund, di tengah Malmö dan Helsingborg
Dekat Jägala, Estonia.
Jembatan perbatasan antara Narva, Estonia (kiri) dan Ivangorod, Rusia.

Di Denmark, E 20 merupakan jalan bebas hambatan kendali dari Esbjerg menuju Jembatan Oresund. Panjang bagian Denmark adalah 315 km (196 mil). Jembatan tersebut melalui Jembatan Sabuk Besar yang terdiri dari dua bagian 6 + 6 km.

Jembatan Sabuk Besar dan Jembatan Oresund merupakan jalan tol, dengan menarik biaya sebesar lebih dari 30.

  1. ALIH Templat:Butuh rujukan Jembatan Oresund memiliki panjang 8 km dan terdapat terowongan 4 km di jembatan bagian Denmark.[rujukan?] Jembatan ini melewati perbatasan Denmark/Swedia.

Antara Køge dan Kopenhagen, jalan ini memiliki tiga nomor lagi (juga E 47 dan E 55).

Pintu keluar[sunting | sunting sumber]

Pintu keluar dimulai di timur.

Bagian Swedia[sunting | sunting sumber]

Di Swedia, E 20 merupakan jalan bebas hambatan kendali, dimulai dari Jembatan Øresund di Malmö ke Nääs (30 km timur Gothenburg) dan memiliki panjang 320 km (200 mil). Kemudian, jalan ini banyak digunakan sebagai rute dari Vretstorp (20 km (12 mil) timur Örebro) menuju Stockholm.

Bagian Swedia memiliki panjang 770 km (480 mil). Jalur ini juga menjadi jalur E 6, memiliki panjang 280 km (170 mil), dengan E 18 memiliki panjang 50 km (31 mil), dan dengan E 4 dengan panjang 35 km (22 mil).

Bagian ini dengan Stockholm adalah jalan yang ramai, termasuk dengan jalan paling ramai di Skandinavia, Essingeleden (160.000 kendaraan per hari)[rujukan?]. Seringkali terjadi kemacetan di bagian ini, dan juga bagian E 20 yang berlokasi di pusat jalanan kota Stockholm. Wisatawan yang bermaksud untuk menaiki kapal feri harus bersabar, kurang lebih tambahan 30 menit, untuk mengatasi keterlambatan. Terowongan baru "Norra länken" sedang dibangun di bagian selatan kota, yang akan menjadi bagian dari E 20. Norra länken akan mengatasi macet di pusat kota Stockholm, tetapi tidak sampai Essingeleden. Terowongan ini yang menurut rencana akan diresmikan tahun 2015. Jika belum selesai, jalan pintas Förbifart Stockholm yang telah direncanakan mengalihkan lalu lintas dari Essingeleden.

Di tengah Stockholm dan Tallinn terdapat kapal feri yang berangkat setiap harinya. Durasi penyeberangan 15 jam. Pelabuhan Stockholm terletak 5 km timur laut kota.

Bagian Estonia[sunting | sunting sumber]

Di Estonia, E20 mengikuti jalan nasional pertama (Tallinn-Narva). E20 yang melewati Estonia sebagian merupakan jalur cepat, untuk 80.7 bagian timur Tallinn menuju Aaspere dan bagian antara Kohtla-Järve (km 155.9–163.2). Sisanya merupakan jalur satu arah. Jarak dari Tallinn menuju perbatasan Rusia di Sungai Narva adalah 218 km.

Bagian Rusia[sunting | sunting sumber]

Di Rusia, rute melalui Jalan Raya Narva juga terdapat di sistem penomoran jalan Rusia sebagai Rute A180 (dulu diketahui sebagai Jalan M11) melalui Ivangorod menuju Saint Petersburg sebagai jalan kembar. Jarak dari Ivangorod menuju Saint Petersburg adalah 142 km. Perbatasan ini mengontrol fasilitas penyeberangan Estonia–Rusia dan dioperasikan dengan jumalh terbatas di kedua sisi perbatasan. Penyeberangan perbatasan membutuhkan reservasi, tetapi garis tunggu masih bisa diperpanjang untuk beberapa jam bahkan hari.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]