Rumpun bahasa Lolo-Burma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lolo–Burma
Distribusi
geografis:
China Selatan dan Asia Tenggara
Klasifikasi
genetik
:
Sino-Tibet
 (Tibeto-Burma)
  Burmo-Qiang?
   Lolo–Burma
Pembagian:
? Mru

Rumpun bahasa Lolo-Burma (juga disebut rumpun bahasa Burma) dari Burma dan selatan Cina membentuk cabang yang koheren dari keluarga Tibet-Burma.

Nama[sunting | sunting sumber]

Sampai tahun 1950, endonim Lolo ditulis dengan karakter yang merendahkan dalam bahasa Cina, dan untuk alasan ini kadang-kadang dihindari. Shafer (1966-1974) menggunakan istilah "Burma" untuk bahasa Lolo-Burma. Istilah Cina Mian-Yi, setelah nama Cina untuk Burma dan salah satu dari beberapa kata untuk Tai, ditugaskan kembali untuk menggantikan Lolo oleh pemerintah China setelah 1950.[1]

Bahasa yang kemungkinan[sunting | sunting sumber]

Posisi bahasa Naxi (Moso) dalam rumpun bahasa ini tidak jelas, dan sering dibiarkan sebagai cabang ketiga selain Loloish dan Burmish. Lama (2012) menganggap itu menjadi cabang Loloish, sementara Guillaume Jacques telah menyarankan bahwa itu adalah rumpun bahasa Qiang.

Bahasa Pyu yang ada sebelum Burma di Myanmar kadang-kadang terkait dengan keluarga Lolo-Burma, tetapi tidak ada bukti yang baik untuk setiap klasifikasi tertentu, dan yang terbaik adalah tidak terklasifikasi dalam Tibet-Burma.

Namun, bahasa Mru yang tak terklasifikasi diperkirakan memiliki kesempatan yang lebih baik memiliki hubungan ke Lolo-Burma.

Pai-lang, dibuktikan dari abad ke-3, adalah Lolo-Burma, mungkin Loloish.

Hubungan eksternal[sunting | sunting sumber]

Guillaume Jacques & Alexis Michaud (2011)[2] berdebat untuk cabang Burma-Qiang dengan dua kantor cabang pembantu utama, Na-Qiang (yaitu, Naxi-Qiang) dan Lolo-Burma. Demikian pula, David Bradley (2008)[3] juga mengusulkan sebuah cabang Tibet-Burma Timur yang mencakup dua cabang pembantu dari Burma (aka Lolo-Burma) dan Qiang.

Klasifikasi internal[sunting | sunting sumber]

Bradley (1997, dikutip dalam Peiros 1997) memberikan klasifikasi berikut untuk rumpun bahasa Lolo-Burma.

Lama (2012), dalam sebuah studi dari 36 bahasa, menemukan kelompok Mondzish (Mondzi - Maang, Mantsi-Mo'ang) menjadi berlainan. Dia tidak termasuk Mru atau Ugong.

Lama (2012) mengakui 9 kelompok ambigu bahasa Lolo-Burma, sedangkan Bradley menganggap ada menjadi 5 kelompok (Burmish, Ngwi Selatan, Ngwi Utara, Ngwi Tenggara, dan Ngwi Tengah).[Does neither accept Loloish?]

  1. Mondzish
  2. Burmish
  3. Hanoish
  4. Lahoish
  5. Naxish
  6. Nusoish
  7. Kazhuoish
  8. Lisoish
  9. Nisoish

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ling.sinica.edu.tw/files/publication/j2012_1_08_4916.pdf
  2. ^ Jacques, Guillaume, and Alexis Michaud. 2011. "Approaching the historical phonology of three highly eroded Sino-Tibetan languages." Diachronica 28:468-498.
  3. ^ Bradley, David. 2008. The Position of Namuyi in Tibeto-Burman.
  • Bradley, David (1997). "Tibeto-Burman languages and classification". In Tibeto-Burman languages of the Himalayas, Papers in South East Asian linguistics. Canberra: Pacific Linguistics.
  • Lama, Ziwo Qiu-Fuyuan (2012), Subgrouping of Nisoic (Yi) Languages, thesis, University of Texas at Arlington (archived)
  • Van Driem, George (2001). Languages of the Himalayas: An Ethnolinguistic Handbook of the Greater Himalayan Region. Brill.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]