Rumpun bahasa Bhil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumpun bahasa
Bhil
EtnisSuku Bhil
PersebaranIndia bagian tengah dan barat
Penggolongan bahasa
Kode bahasa
Glottologbhil1254
Lokasi penuturan
Penyebaran rumpun bahasa Bhil di India (warna kuning kecoklatan)
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Rumpun bahasa Bhil adalah sekelompok bahasa Indo-Arya yang dituturkan sebanyak 10,4 juta jiwa pada tahun 2011 oleh suku Bhil di India bagian tengah dan barat.[2] Tepatnya bahasa ini dituturkan di Pegunungan Aravalli di Rajasthan dan bagian barat Pegunungan Satpura di Madhya Pradesh, Maharashtra bagian barat daya, dan Gujarat bagian selatan. Menurut laporan ke-52 dari komisioner untuk linguistik minoritas di India, bagian dari Kementerian Urusan Minoritas, Bhil merupakan bahasa umum yang dituturkan di distrik Dadra dan Nagar Haveli sebesar 40.42% dari jumlah penduduk di daerah tersebut. Penutur bahasa-bahasa Bhil juga dapat ditemukan di Gujarat (4.75%), Madhya Pradesh (4.93%), dan Rajasthan (4.60%).[3]

Penggolongan[sunting | sunting sumber]

Rumpun bahasa Bhil membentuk penghubung antara bahasa Gujarat dan RajasthaniMarwari. Dikelompokkan secara geografis, bahasa-bahasa Bhil adalah sebagai berikut:

Bahasa Bhil lainnya yang tidak terikat dalam cabang di atas termasuk Gamit (Gamti) dan Mawchi. Bahasa Vasavi dituturkan oleh sebagian masyarakat suku Bhil, tetapi secara kebahasaan lebih dekat ke Gujarat. Demikian pula, bahasa Malvi dan Nimadi lebih dekat ke Rajasthan. Bahasa Vaagri Booli yang baru-baru ini diteliti kemungkinan juga bagian dari rumpun bahasa Bhil.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ernst Kausen, 2006. Die Klassifikation der indogermanischen Sprachen (Microsoft Word, 133 KB)
  2. ^ "ABSTRACT OF SPEAKERS' STRENGTH OF LANGUAGES AND MOTHER TONGUES - 2011" (PDF). www.censusindia.gov.in. Indian Census 2011, Government of India. Diakses tanggal 7 July 2018. 
  3. ^ "Report of the Commissioner for linguistic minorities: 52nd report (July 2014 to June 2015)" (PDF). Commissioner for Linguistic Minorities, Ministry of Minority Affairs, Government of India. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 May 2017. Diakses tanggal 21 February 2018. 
  4. ^ "Glottolog 4.6 - Vaagri Booli". glottolog.org. Diakses tanggal 2022-09-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]