Rub al-hizb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rub al-hizb

Rub al-hizb (bahasa Arab: ربع الحزب adalah sebuah lambang Islam, yang digariskan sebagai dua persegi yang bertindih. Lambang ini terdapat pada beberapa lambang negara dan bendera. Dalam bahasa Arab, rub berarti "satu perempat, suku", sementara hizb pula mempunyai arti "kumpulan". Pada mulanya lambang ini digunakan dalam al-Quran yang dibagi pada 60 Hizb (60 kumpulan yang panjangnya agak sama); lambang ini menunjukkan setiap suku Hizb, sementara setiap Hizb melambangkan setengah juz. Tujuan utama sistem pembagian ini adalah untuk memudahkan pembacaan al-Quran.

Lambang ini digunakan sebagai penanda ujung surah dalam kaligrafi Islam. Ia dijelaskan dengan dua persegi bertindih seperti glyph unicode ۞ di U+06DE.

Bintang al-Quds[sunting | sunting sumber]

Bintang al-Quds dasar
Bintang pada Makam Humayun, di Delhi, India, selesai pada tahun 1572.

Bintang al-Quds (bahasa Arab نجمه القدس, najmat al-Quds) adalah modifikasi lambang Islam, rub al-hizb, yang secara resminya dikaitkan dengan al-Quds (Yerusalem).

Rancangan bintang delapan penjuru terinspirasi dari denah Kubah Shakhrah (harfiah, Kubah Batu) yang dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan pada tahun 685 M dan juga lambang standar rub al-hizb.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]