Royal Academy of Arts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Royal Academy of Arts
Royal Academy Simon Fieldhouse.jpg
Didirikan 1768
Lokasi Piccadilly, London W1, Inggris
Pengunjung

1,267,784 (2009)[1]

  • Peringkat 11 museum paling banyak dikunjungi di Inggris
Presiden Sir Nicholas Grimshaw
Angkutan umum Piccadilly Circus
Situs web royalacademy.org.uk

Royal Academy of Arts adalah sebuah institusi seni berasal dari Burlington House di Piccadilly, London. Mempunyai posisi yang unik karena mandiri dan didanai swasta yang dipimpin oleh para seniman dan arsitek dengan tujuan untuk mempromosikan karya-karya mereka, berkumpul, dan menghargai karya-karya visual melalui pameran, pendidikan dan debat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Royal Academy of Arts didirikan oleh keinginan pribadi Raja George III pada 10 Desember 1768. Motif pendirian bermakna ganda: untuk meningkatkan status profesional seniman dengan mengembangkan sistem sarana pelatihan dan penilaian para ahli seni untuk mengadakan pameran karya seni kontemporer sesuai standar yang tinggi. Dibalik itu ada keinginan untuk mengembangkan sekolah seni nasional dan mendorong apresiasi seni masyarakat dengan citarasa yang baik.

Citarasa gaya di Inggris pada abad ke-18 telah berpusat pada bentuk-bentuk seni tradisional dan benua Eropa, seniman kontemporer mempunyai kesempatan yang kecil untuk menjual karya mereka. Dari tahun 1746 karya berjudul Foundling Hospital, melalui upaya William Hogarth, menjadi titik awal para seniman kontemporer untuk menampilkan karya mereka di Inggris. Keberhasilan ini mengarah pada pembentukan Yayasan Seniman (Society of Artists) dan Free Society of Artists. Keduanya berawal dari perkumpulan pameran dan sukses awalnya biasanya dikacaukan oleh pertikaian internal di antara para seniman. Visi gabungan pendidikan dan pameran dengan mendirikan sekolah seni nasional membuat Royal Academy berbeda dari perkumpulan pameran lain yang pernah ada. Ini membuat dasar dimana Royal Academy mendominasi suasana kesenian abad 18 dan 19 menggantikan masyarakat seni yang pernah ada sebelumnya.

Sir William Chambers menggunakan kedekatannya dengan Raja George III untuk mendapatkan dukungan kerajaan dan dukungan pendanaan dan pelukis Sir Joshua Reynolds diangkat menjadi direktur pertama.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "VISITS MADE IN 2009 TO VISITOR ATTRACTIONS IN MEMBERSHIP WITH ALVA". Association of Leading Visitor Attractions. Diakses 21 May 2010. 

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Academy, Royal". Encyclopædia Britannica (ed. 11th). Cambridge University Press 

Koordinat: 51°30′33″LU 0°08′22″BT / 51,50917°LU 0,13944°BB / 51.50917; -0.13944