Roti lapis ham dan keju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Roti lapis ham dan keju
Sebuah roti lapis dan keju yang sedang dipanggang di dalam teflon
Nama lainHam and cheese sandwich
JenisRoti lapis
Bahan utamaroti potong, keju, ham
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Roti lapis terbuka ham dan keju untuk hidangan tapas


Roti lapis ham dan keju (bahasa Inggris: ham and cheese sandwich) adalah salah satu jenis roti lapis yang umum ditemukan di berbagai negara. Ini dibuat dengan memasukkan keju dan irisan ham di antara dua potong roti.[1] Roti kadang-kadang dioles mentega dan atau dipanggang. Sayuran seperti selada, tomat, bawang merah, atau irisan acar juga bisa disertakan. Berbagai jenis mustard dan mayones juga biasa ditambahkan.

Roti iris, keju iris, dan irisan ham matang sangat mudah didapat di supermarket Barat dan akibatnya roti lapsi ham dan keju cepat dan mudah disajikan. Mereka adalah komponen umum dari makan siang yang dikemas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Roti lapis ham dan keju buatan rumahan

Seperti yang dijabarkan oleh konsesi birokrat Patrick Stevens dalam sebuah wawancara tahun 1924, pada tahun 1894 roti lapis ham dan keju adalah satu-satunya makanan yang dijual di taman bisbol New York; sosis frankfurter diperkenalkan pada tahun 1909.[2]

Seorang wanita Inggris, yang menulis pada tahun 1923 perjalanannya melalui Pulau Ellis dalam perjalanan ke Amerika Serikat, mencatat:

Aku dalam ketakutan dan gemetar, setelah mendengar begitu banyak cerita tentang penculikan yang dilakukan oleh alien di sana .... Petugas sangat baik dan sama sekali tidak kasar dengan kami. Saat itu jam siang ... sebentar lagi kuli datang membawa keranjang roti lapis ham dan keju yang sangat enak dan kopi untuk orang dewasa dan susu untuk bayi-bayi itu.[3]

Richard E. Byrd menikmati roti lapis ham dan keju pada penerbangan polar tahun 1926 seperti pada penerbangan transatlantik pada tahun 1927 yang dilakukan oleh Chamberlin dan Levine.[4]

Asal[sunting | sunting sumber]

Asal-usul roti lapis ham dan keju telah diperdebatkan selama beberapa tahun oleh para intelektual di bidang kuliner. Teori terdepan tentang siapa yang pertama kali mulai memproduksi hidangan ham, keju, dan roti, disebutkan dalam The Larousse Gastronomique 1961. Di sini dicatat bahwa Patrick Connolly, seorang imigran Irlandia abad ke-18 yang datang ke Inggris, menjual hidangan roti yang:

"Gabungan sisa-sisa daging babi, dimurnikan dan diiris dengan topping keju Leicester dan kecupan saus kuning telur (sejenis mayones) dalam roti bundar. Hidangannya agak tidak biasa dikenal oleh Connolly dan kadang-kadang masih mengacu pada seperti ini di beberapa bagian Midlands di Inggris."

Di Inggris, tambahan bahan umum untuk roti lapis ham dan keju adalah acar (chutney manis dan murni yang awalnya diproduksi oleh Branston); Camilan itu kemudian dikenal sebagai roti lapis ham, keju, dan acar.[5][6][7][8][9]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Dalam masakan Prancis, croque-monsieur adalah sejenis roti lapis ham dan keju. Ini diatapi dengan keju dan dipanggang atau digoreng.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jean Pare (1987). Soups & Sandwiches: Soups and Sandwiches. Company's Coming Publishing Limited. ISBN 978-0-9690695-6-0. , p. 138: "Insert slices of ham and cheese between 2 slices of buttered bread or toast. Add lettuce along with mayonnaise and/or mustard."
  2. ^ The New York Times, April 13, 1924, p. XX2: Ball Fans Must Eat: Harry Stevens, Caterer to the Sport World, Talks of Outdoor Appetites
  3. ^ The New York Times, July 1, 1923, p. XX8, Letters to the Editor: Experience at Ellis Island
  4. ^ The New York Times, June 29, 1927, p. 2, Fliers' Menus More Varied Than That on Earlier Trips. In addition to sixteen ham and cheese sandwiches, Byrd took sixteen chicken sandwiches, four roast chickens, one gallon of coffee, and one quart of tea. (Lindbergh carried ham sandwiches).
  5. ^ "Ham, Cheese & Pickle Sandwich Calories and Nutritional Information". Fatsecret.co.uk. Diakses tanggal 8 Maret 2014. 
  6. ^ "Tesco Ham, Cheese & Pickle Sandwich online in Sainsbury's at mySupermarket". Mysupermarket.co.uk. Diakses tanggal 8 Maret 2014. 
  7. ^ Jess Kapadia (February 8, 2012). "England's Cheese and Pickle Sandwich". Food Republic. Diakses tanggal 8 Maret 2014. 
  8. ^ "Ham, Cheese & Pickle". Urban Eat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-08. Diakses tanggal 8 Maret 2014. 
  9. ^ "The perfect Branston Pickle® sandwich recipe - All recipes UK". Allrecipes.co.uk. Diakses tanggal 8 Maret 2014.