Rostov na Donu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pasar Sentral dekat Katedral Kelahiran.

Rostov na Donu (bahasa Rusia: Росто́в-на-Дону́, Rostov-na-Donu, Inggris: Rostov-on-Don) adalah pusat administratif Kabupaten Rostov dan Distrik Federal Selatan Rusia, yang terletak di Sungai Don, 46 km dari Laut Azov. Secara geografis kota ini terletak di 47°14′LU 39°42′BT / 47,233°LU 39,7°BT / 47.233; 39.700. Penduduknya berjumlah 1.099.500 jiwa (perkiraan 2012); 1,068,267 (Sensus 2002).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dari segi perdagangan maupun kebudayaan muara Sungai Don memainkan peranan yang sangat penting sejak zaman dahulu. Ini adalah lokasi koloni Yunani Tanais, benteng Genoa Tana, dan benteng Azov milik Turki. (Lihat artikel tetang Azov untuk informasi lebih terinci tentang pemukiman-pemukiman tersebut.)

Rostov na Donu pada hakikatnya didirikan pada 1749, ketika sebuah kantor pajak dibangun di tepi Sungai Don, yang segera diikuti dengan sebuah benteng besar. Kota ini dinamai sesuai dengan nama Santo Dimitrius dari Rostov, seorang uskup yang baru dan dihormati dari kota lama di utara Rostov Agung. Sementara Azov perlahan-lahan merosot kedudukannya, sebuah pemukiman dekat benteng yang baru itu menggantikan kedudukannya yang penting sebagai pusat perdagangan utama wilayah itu. Pada 1796 pemukiman ini mendapatkan hak sebagai kota dan diganti namanya menjadi Rostov na Donu, untuk membedakannya dari namanya yang lama.


Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Kota ini memiliki hubungan kota kembar dengan:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]