Ronneby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kotamadya di Blekinge
Lambang
Svcmap blekinge.png

Ronneby ialah sebuah kota di Blekinge, dan ibukota Kotamadya Ronneby di Swedia. Kota ini pertama kali dianugerahi hak kota pada tahun 1387, yang dikeluarkan kembali pada tahun 1882. Ronneby dianggap sebagai jantung "Kebun Swedia", dan pada tahun 2005 taman "Brunnsparken" di Ronneby dinyatakan sebagai taman terindah di Swedia. Kota ini juga memiliki gereja yang didirikan pada abad ke-12.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1564, Ronneby menjadi saksi pertempuran berdarah antara pasukan Denmark dan Swedia di masa di bawah Erik XIV dari Swedia orang-orang Swedia mengepung kota ini, membunuh banyak penduduk dan membakarnya rata dengan tanah, yang akan meletupkan Perang Tujuh Tahun.

Menyusul Perjanjian Roskilde pada tahun 1658, di mana terra Scania menjadi tanah Swedia, bangsa Swedia membangun AL di Karlskrona – di timur Ronneby – lalu memperoleh hak kota, sementara hak kota Ronneby dicabut.

Kartu pos lama yang menampilkan Ronneby dan Ronnebyån

Namun Ronneby tak menarik industri pada abad ke-18. Di samping industri, kota ini juga menjadi tempat spa, dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Taman di sekeliling spa itu masih bisa dikunjungi.

Setelah kebakaran tahun 1864, Ronneby dibangun kembali menurut sebuah pola perbandingan, yang masih menjadi model masa kini. Ronneby akhirnya dianugerahi hak kota kembali pada tahun 1882.

Kota ini memiliki lambang huruf R antara bintang dan bulan sabit sejak 1542. Pada tahun 1882, lambang itu dirancang kembali, dengan R yang bersambung dengan Sungai Ronnebyå.

Kota kembarnya adalah Johnson City, Tennessee di Amerika Serikat.

Politik[sunting | sunting sumber]

Partai Ronneby memiliki kepentingan setempat yang dibentuk sebelum PemilU 1994. Pada tahun 1998 partai itu memperoleh suara 6,3% dan 3 kursi di dewan kotamadya. Pada tahun 2002 penerimaan suara itu dikurangi hingga 3%.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]