Rodrigo Gularte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rodrigo Muxfeldt Gularte
Lahir(1972-07-13)13 Juli 1972
Foz do Iguaçu, Paraná, Brasil
Meninggal29 April 2015(2015-04-29) (umur 42)
Nusa Kambangan, Jawa Tengah, Indonesia
Sebab meninggalEksekusi dengan regu tembak
Dikenal atasPerdagangan narkoba
Hukuman kriminalHukuman mati
AlasanPerdagangan narkoba (2005)

Rodrigo Muxfeldt Gularte (13 Juli 1972 – 29 April 2015) adalah seorang warga negara Brasil yang dieksekusi di Indonesia oleh regu tembak karena perdagangan narkoba.

Gularte didiagnosis menderita skizofrenia dan gangguan bipolar. Menurut laporan berita, beliau tidak menyadari bahwa beliau akan mati sampai beberapa menit sebelum eksekusinya.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Rodrigo Gularte lahir dari keluarga berada di kota Foz do Iguaçu, Paraná, Brasil selatan.[2] Beliau adalah seorang peselancar yang pandai dan kerabatnya mengingatnya sebagai seorang anak muda yang tinggi, lembut, sopan, dan baik hati, yang tergelincir ke dalam depresi, dan terlibat dalam narkoba setelah orangtuanya bercerai ketika beliau berusia 13 tahun.

Perawatan pertamanya untuk kecanduan narkoba adalah pada usia 16 tahun, ketika kerabat mengatakan bahwa mereka telah melihat tanda-tanda gangguan bipolar. Perawatan lain akan terjadi, tanpa hasil, dan Gularte mengalami depresi yang dibarengi dengan penggunaan obat-obatan. Ibunya, Clarisse, mencoba membantunya dengan bekerja. Gularte mendapatkan, misalnya, sebuah restoran untuk dikelola, dibayar oleh ibunya. Beliau juga memiliki seorang putra penyandang autisme, lahir ketika beliau berusia 21 tahun, Jimmy Gularte, dengan siapa beliau hanya memiliki sedikit kontak.[3] Tetapi kontaknya dengan narkoba dari segala jenis, terus berlanjut. Selama usia 20-an beliau melakukan perjalanan melalui Amerika Latin dengan teman-temannya, minum-minum dan mengonsumsi berbagai jenis narkoba.

Didukung oleh ibunya, Rodrigo melakukan perjalanan melalui Amerika Latin ke Amerika Serikat, Afrika, dan Eropa - mengonsumsi semua jenis narkoba. "Saya pikir perjalanan ini akan membuatnya baik, dia akan tenang, menyingkirkan pengaruh buruk," kata ibunya, Clarisse. Hasilnya justru sebaliknya. Meningkatkan kecanduannya, Rodrigo kembali pada tahun 1994 ke Curitiba. Pada usia 24 tahun, tanpa pekerjaan atau belajar, di malam hari, Rodrigo terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang serius setelah meninggalkan sebuah pesta, mabuk dan dibius. Untuk menghindari penangkapannya, Nyonya Clarisse memasukkan putranya ke rehabilitasi. Setelah enam bulan detoksifikasi, pada tahun 1996, Rodrigo mencoba mengubah hidupnya. Dia menjadi pengusaha, tetapi dua restorannya gulung tikar. Pada tahun 1999, ia lulus ujian masuk ke seni liberal di Universitas Federal Santa Catarina. Di tengah-tengah kuliahnya, ia keluar. Dia kemudian kembali melakukan perjalanan melalui Eropa dan Amerika Latin dengan membawa berbagai jenis ganja. Pada tahun 2004, muncullah kesempatan untuk membawa papan selancar yang diisi dengan kokain ke Indonesia.[4]

Penangkapan[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an, Bali merupakan tujuan internasional bagi para pelancong muda yang tertarik dengan suasana hippie, budaya selancar, dan pesta musik dansa elektronik di mana kokain dan ekstasi tersedia di klub-klub, seperti halnya ganja, yang dipasok oleh penyelundup narkoba Italia dan Brasil yang sering memanfaatkan peselancar muda sebagai kurir (mule). Gularte tinggal di Florianópolis sejak tahun 1999 ketika beliau ditangkap pada bulan Agustus 2004 dengan 6 kg kokain yang disembunyikan di papan selancar. Penangkapan tersebut, bersama dengan dua pria lain yang tinggal di ibukota itu, terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Indonesia. Ketiganya ditangkap dengan delapan papan selancar yang diisi dengan enam kilogram kokain, tetapi Rodrigo bertanggung jawab penuh untuk pengangkutan narkotika tersebut.

Hukuman dan pemenjaraan[sunting | sunting sumber]

Beliau dijatuhi hukuman mati pada tanggal 7 Februari 2005 oleh pemerintah Indonesia. Selama masa-masa awalnya di penjara, Gularte berbagi sel dengan sesama terpidana mati asal Brasil, Marco Archer Moreira.

Setelah divonis bersalah, Gularte mencoba bunuh diri di penjara pada tahun 2006.[5] Kesehatan jiwanya memburuk dan diagnosis skizofrenia paranoid dengan delusi dan halusinasi terdeteksi.[6][7] Ada rekomendasi bahwa beliau harus dipindahkan ke rumah sakit jiwa. Namun pihak berwenang Indonesia tidak mengizinkan pemindahannya karena para ahli disewa oleh pihak pembela. Keluarga Gularte mencoba, tanpa hasil, untuk mendapatkan grasi untuknya dengan mengatakan bahwa dokter telah mendiagnosisnya sebagai skizofrenia paranoid, yang biasanya akan memungkinkannya dipindahkan ke fasilitas psikiatri.[8] Pemerintah Brasil menyerukan agar beliau terhindar dari hukuman mati karena alasan kemanusiaan.[9]

Eksekusi[sunting | sunting sumber]

Gularte dieksekusi di Indonesia pada tanggal 29 April 2015 di Nusa Kambangan, Jawa Tengah, Indonesia. Beliau telah dijatuhi hukuman mati karena perdagangan narkoba, dan hukuman itu dilaksanakan oleh regu tembak. Menurut pengacaranya, Gularte tidak tahu bahwa beliau akan ditembak.[10][11][12] Pastor Katolik Roma Charles Patrick Burrows mendampingi Gularte beberapa menit sebelum eksekusi,[13][14] atas permintaan keluarga dan terpidana mati. Sebelum kematiannya, Gularte menerima penghiburan rohani dan upacara terakhir dari Gereja Katolik Roma.[15][16][17]

Jenazah Gularte dibawa ke Rumah Sakit Santo Carolus, di Jakarta. Foto Gularte, dan sebuah salib dengan namanya dan tanggal kelahiran dan kematiannya berada di samping peti mati. Jenazahnya diangkut ke Brasil, di mana beliau dimakamkan atas permintaan Gularte.[18]

Sehari setelah kematian Gularte, sebuah Misa Katolik dirayakan untuk menghormati beliau.[19][20][21]

Jenazah Rodrigo Gularte disemayamkan dan dimakamkan di Curitiba, Paraná, pada tanggal 3 Mei 2015, setelah Misa dirayakan untuk menghormati beliau.[22][23][24][25][26][27]

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Menurut pemerintah Brasil, kematian Gularte adalah "peristiwa serius" dalam hubungan antara Brasil dan Indonesia. Catatan tersebut mengatakan bahwa Brasil akan bekerja di badan-badan hak asasi manusia internasional untuk penghapusan hukuman mati.

Pernyataan pemerintah menentang hukuman mati yang diterapkan oleh Indonesia dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Urusan Luar Negeri, Sérgio Danese, dalam sebuah wawancara yang diberikan di Itamaraty.[28]

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon menyatakan "penyesalan mendalam" atas eksekusi mati delapan terpidana perdagangan narkoba di Indonesia, termasuk Rodrigo Gularte. Ki-moon menyatakan penyesalan mendalam atas eksekusi mati yang dilakukan di Indonesia, meskipun banyak permintaan di dalam negeri dan internasional untuk menghentikannya.[29]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brazilian executed in Indonesia unaware what was happening until end: witness". Reuters. 29 April 2015. 
  2. ^ "Ex-morador de Santa Catarina está na lista de execução por tráfico na Indonésia". Diário Catarinense. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-20. Diakses tanggal 2022-06-11. 
  3. ^ "Vou pedir a Deus para nosso filho superar isso, afirma ex de Gularte". www1.folha.uol.com.br/. Diakses tanggal 29 April 2015. 
  4. ^ "Drogas e bipolaridade marcaram adolescência de brasileiro executado na Indonésia". BBC Brasil. Diakses tanggal 29 April 2015. 
  5. ^ Eliane Oliveira (22 February 2015). "Condenado à morte, o surfista Rodrigo Gularte tentou suicídio na prisão". O Globo. 
  6. ^ "Fantástico - 'Entrou em depressão', diz brasileira que conviveu com preso na Indonésia". Fantástico. 
  7. ^ "RODRIGO GULARTE:PRESO EM DOIS MUNDOS". Elasticam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-02. Diakses tanggal 2015-05-09. 
  8. ^ "Mentally ill Brazilian Rodrigo Gularte fit to execute: Indonesia". Sydney Morning Herald. 20 April 2015. 
  9. ^ "Brazil presses to avert national's execution in Indonesia". Bangkok Post. 26 April 2015. 
  10. ^ "Brasileiro estava desorientado antes de execução na Indonésia". g1.globo.com. 
  11. ^ "Bali executions: Eight prisoners refused to wear blindfolds as they were shot". smh.com.au. 
  12. ^ "Before facing firing squad, mentally ill inmate asks: 'Am I being executed?'". washingtonpost.com/. 
  13. ^ "Executados na Indonésia recusaram vendas e cantaram antes de morte". g1.globo.com. 
  14. ^ "Executed Brazilian didn't know he was being killed moments before being led to firing squad". news.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-11. Diakses tanggal 2022-06-11. 
  15. ^ Folha Press. "Condenado por tráfico na Indonésia, Rodrigo Gularte é executado, diz jornal". hojeemdia.com.br. 
  16. ^ "As últimas horas de Rodrigo Gularte no corredor da morte na Indonésia". Pragmatismo Político. 
  17. ^ "www.theage.com.au - Bali executions: Eight prisoners refused to wear blindfolds as they were shot". theage.com.au. 
  18. ^ "Corpo do brasileiro Rodrigo Gularte é velado na Indonésia". g1.globo.com. 
  19. ^ "Prima participa de missa em memória de brasileiro executado na Indonésia". www1.folha.uol.com.br/. 
  20. ^ "Catholic nuns pray beside the coffin of Rodrigo Gularte". abc.net.au/. 
  21. ^ "Funeral of Brazilian Drug Convict Rodrigo Gularte". thejakartaglobe.beritasatu.com/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-03. Diakses tanggal 2022-06-11. 
  22. ^ "Corpo de Rodrigo Gularte será velado e sepultado em Curitiba, diz prima". g1.globo.com/. [pranala nonaktif permanen]
  23. ^ "Corpo de Rodrigo Gularte, executado na Indonésia, chega ao Brasil". epoca.globo.com/. 
  24. ^ "Rodrigo Gularte, executado na Indonésia, é enterrado em Curitiba". g1.globo.com/. [pranala nonaktif permanen]
  25. ^ "Corpo de Rodrigo Gularte é enterrado em Curitiba". ultimosegundo.ig.com.br/. 
  26. ^ "Brasileiro executado na Indonésia é sepultado em Curitiba". vacarianews.com/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 2022-06-11. 
  27. ^ "Corpo de paranaense executado na Indonésia é enterrado em Curitiba". gazetadopovo.com.br/. 
  28. ^ "Governo manifesta consternação profunda por execução de brasileiro". g1.globo.com. 
  29. ^ "Chefe da ONU expressa pesar por execuções na Indonésia". g1.globo.com.