Robert I dari Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Robert I, Pangeran Flandria)
Langsung ke: navigasi, cari
Robert I Flandria

Robert I dari Flandria (1029/1032 – 13 Oktober 1093 di Kassel), dikenal sebagai Robert orang Frisia, merupakan seorang Comte Flandria dari tahun 1071 s/d tahun 1092.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putra yang lebih muda Baudouin V dengan Adèle, putri Raja Robert II dari Perancis.

Robert awalnya berniat untuk melindungi perbatasan utara di Flandria melalui pernikahannya dengan Gertrude dari Sachsen, Janda Comtesse Holland pada tahun 1063 yang tidak direncanakan oleh ayahandanya namun tetap disetujui, akan tetapi setelah kematian kakandanya pada tahun 1070 ia menelantarkan keponakan-keponakannya dan menjadi Comte di Flandria.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dengan Gertrude dari Sachsen, mereka memiliki lima orang anak :

Comte Flandria[sunting | sunting sumber]

Keponakan Robert Arnoul III (putra Baudouin VI dari Flandria) menggantikan ayahandanya pada tahun 1070 dan didukung oleh ibundanya Richilde dari Mons dan Hainaut. Namun, Robert menantang suksesi Arnoul's atas takhta Flandria dan mulai memperlombakan dukungan terutama di utara Flandria (dimana sebagian besar pasukan Arnoul berlokasi). Ranking Arnoul berisi individual seperti Comte Eustace II dari Boulogne, Comte Eustace III dari Boulogne, dan Godfrey dari Bouillon.

Selain itu, Arnoul didukung oleh Raja Philippe I dari Perancis karena bibi Philippe, Adèle, menikahi Baudouin V dari Flandria. Kontingen sepuluh ksatria Norman yang dipimpin oleh William FitzOsbern berada di antara pasukan yang dikirim oleh Philippe untuk membantu Arnoul. Pasukan Robert menyerang Arnoul pasukan yang unggul secara numerik di dalam Cassel sebelum dapat diorganisasikan. Arnoul sendiri tewas terbunuh bersama dengan William FitzOsborn dan Richilde ditangkap oleh pasukan Robert. Namun, Robert sendiri ditawan oleh Eustace II. Akhirnya, Richilde ditukar untuk kebebasan Robert.[1] Sebagai akibat dari pertempuran itu Robert menjadi Comte di Flandria.
Robert bersahabat dengan Raja Philippe I dari Perancis dengan menawarkannya sebuah pernikahan dengan anak tirinya, Bertha dari Belanda.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Arnoul III
Daftar Comte Flandria
1071–1093
Diteruskan oleh:
Robert II