Robert Freitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Robert A. Freitas, Jr. adalah peneliti senior, salah satu dari empat peneliti di institusi nonprofit Institute for Molecular Manufacturing (IMM) di Palo Alto, California. Ia memegang dua gelar sarjana, yaitu di bidang fisika dan psikologi dari Harvey Mudd College, dan pada tahun 1978, ia mendapat gelar Doktor Yuris (Juris Doctor, J.D.) dari Universitas Santa Clara. Ia telah menulis lebih dari 150 paper, buku, dan artikel di berbagai jenis bidang sains.

Pada tahun 1977-78, Freitas membuat konsep Sentience Quotient (SQ) sebagai cara untuk menjelaskan rata-rata pemrosesan informasi pada organisme hidup atau komputer (Xenopsychology). Saat ini, Freitas menulis Nanomedicine, buku yang mendiskusikan tentang potensi aplikasi medis dari nanoteknologi molekuler yang masih hipotetis. volume I diterbitkan Oktober 1999 oleh Landes Bioscience ketika Freitas masih menjabat sebagai peneliti di IMM. Ia menerbitkan volume IIA pada Oktober 2003 oleh Landes Bioscience ketika ia masih menjadi peneliti di Zyvex Corp. tahun 2000-2004, suatu perusahaan nanoteknologi yang berkantor pusat di Richardson, Texas.

Freitas saat ini sedang menyelesaikan Volume IIB dan III dan ini sedang menjabat sebagai konsultan mekanosintesis intan hipotetis dan desain perakitan molekuler hipotetis di IMM. Dan pada tahun 2004, Freitas bersama Ralph C. Merkle menulis dan menerbitkan Kinematic Self-Replicating Machine. Pada tahun 2006, Merkle dan Freitas mendirikan Nanofactory Collaboration, program penelitian untuk membuat pabrik nano pertama pembuat benda serupa intan.
Pada tahun 2006, Freitas dianugrahi Guardian Award dari Lifeboat Foundation dan menerima Foresight Prize in Communication tahun 2007 dari Foresight Nanotech Institute.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]