Robert Filmer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert Filmer (1588-1653)

Robert Filmer (lahir di East Sutton, Kent, Inggris, 1588 – meninggal 26 Mei 1653 pada umur 64/65 tahun) adalah seorang filsuf politik dari Inggris yang terkenal.[1][2] Ia mempertahankan pandangan yang menganggap raja memiliki kewenangan Ilahi dari Tuhan di dalam memerintah negara.[2] Bukunya yang terkenal berjudul "Patriarcha" dan terbit pada tahun 1680.[1][2] Buku tersebut berisi serangan terhadap apa yang menurutnya menjadi dua musuh terbesar raja Inggris: Kaum Yesuit dan Kaum Calvinis.[2] Filmer berupaya menegakkan kedaulatan raja Inggris yang menurutnya berasal Tuhan melalui Adam.[1][2] Kemudian Adam meneruskan kekuasaan Ilahi tersebut melalui anak laki-laki tertua ketika anak itu menjadi kepala keluarga.[1][2] Sebagaimana kekuasaan anak laki-laki tertua diterima dari Tuhan melalui ayahnya, demikian pula kekuasaan raja tidaklah didapat dari rakyat atau berdasarkan pemilihan rakyat.[1] Pemikiran Filmer tersebut disanggah oleh John Locke.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Jerome B. Schneewind. 1999. "Filmer, Robert". In Cambridge Dictionary of Philosophy. Robert Audi, ed. 311.
  2. ^ a b c d e f g (Inggris) Ted Honderich, ed. 1995. The Oxford Companion to Philosophy. New York: Oxford University Press. P. 280.