Ritsumeikan Asia Pacific University

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ritsumeikan Asia Pacific University
立命館アジア太平洋大学

Ritsumeikan Asia Pacific University
Moto Freedom, Peace, and Humanism, International Mutual Understanding and the Creation of the Future of the Asia Pacific
Didirikan 2000
Jenis Swasta
Presiden Monte Cassim
Jumlah mahasiswa 5421(Mei 2007)
Lokasi Beppu, Oita, Jepang
Situs web http://www.apu.ac.jp/

Ritsumeikan Asia Pacific University (立命館 アジア 太平洋 大学 Ritsumeikan Ajia Taiheiyō Daigaku?), atau disingkat APU, merupakan universitas swasta yang terletak di Beppu, Prefektur Oita, Jepang. APU merupakan kampus cabang yang bersifat internasional dari Universitas Ritsumeikan yang berada di Kyoto.

Jumlah mahasiswa asing di universitas ini merupakan yang terbanyak di Jepang.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Departemen S1[sunting | sunting sumber]

  • Studi Asia Pasifik
  • Manajemen Asia Pasifik

Departemen S2[sunting | sunting sumber]

Ciri Khas[sunting | sunting sumber]

Ciri khas dari APU adalah mempunyai jumlah mahasiswa hampir 60% dari Jepang dan 40% dari negara lain, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi dengan mahasiwa yang berasal dari negara lain maupun dengan mahasiswa dari Jepang sendiri. Selain itu, banyak matakuliah yang diberikan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tujuannya adalah mahasiswa diharapkan akan mampu berbicara dalam dua bahasa: bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Program Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Untuk meringankan beban biaya kuliah bagi mahasiswa asing ini, APU (seperti halnya beberapa universitas lain di Jepang) memberikan beasiswa, dalam bentuk keringanan uang kuliah mulai dari 35% sampai 100%. Bagi mereka yang mempunyai prestasi akademik cukup baik, ada kemungkinan yang bersangkutan dapat memperoleh beasiswa lain untuk meringankan biaya hidup mereka. Ijin kerja bagi mahasiswa asing juga dapat diperoleh dari pihak imigrasi Jepang, sehingga mereka bisa bekerja sambil kuliah. Tetapi hal ini hanya dimungkinkan kalau mahasiswa tersebut sudah fasih dalam berbahasa Jepang (Nihonggo).

Komunitas Mahasiswa Indonesia di APU[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa Indonesia di APU memiliki organisasi bernama APUina yang terdaftar sebagai salah satu ekstrakurikuler di APU. Dalam organisasi ini terdapat divisi divisi seperti divisi budaya, olahraga, majalah (Kicau), Akademik dan divisi kekeluargaan. Komunitas ini menyambut mahasiswa asing di APU yang tertarik untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia. Salah satu acara terbesar yang dipersiapkan oleh komunitas ini adalah Indonesian week dimana dalam satu minggu kegiatan kegiatan yang dapat memperkenalkan budaya Indonesia diselenggarakan.

Kantor APU di luar Jepang[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]