Riccardo dari San Germano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monte Cassino, Altar Basilika

Richard dari San Germano (bahasa Italia: Riccardo; seb. 1170 – set. Oktober 1243) merupakan seorang notaris di biara Montecassino, di San Germano pada waktu itu, di Valle Latina, dari Februari 1186 hingga Maret 1232. Dia menulis sebuah kronik (kadang-kadang Chronica regni Siciliae) Mezzogiorno dari kematian Gugghiermu II dari Sisilia pada tahun 1189 hingga 1243. Ini adalah sumber informasi paling lengkap tentang Hohenstaufen di Italia.

Riccardo adalah pendamping Stefano dari Marsia, abbas Montecassino, dan mendedikasikan kroniknya untuknya. Saudaranya Giovanni juga seorang notaris, meskipun kanselir Kaisar Friedrich II. Pada awal 1220-an, Riccardo diketahui melayani Friedrich, mungkin bersama saudaranya. Pada akhir tahun 1230-an, Riccardo menjadi Bendahara kekaisaran (hingga tahun 1242).

Kroniknya pada awalnya dimaksudkan sebagai kelanjutan dari Annales Casinenses. Sebagian besar, tetapi jauh dari kebanyakan, difokuskan pada Terra Sancti Benedicti, tanah dari biara Montecassino. Bagian pertama ditulis mulai tahun 1216 dan mencakup waktu antara kunjungan paus ke San Germano dan kematian Stefano dari Marsia pada bulan Juli 1227. Ini bertahan dalam bentuk naskah di Bologna. Diperbaiki dan diperluas untuk berdiri sendiri, kronik itu selesai setelah kunjungan Romawi Paus Innosensius IV pada bulan Oktober 1243. Kemudian dimulai dengan penaklukan Sisilia oleh Heinrich VI.

Riccardo secara pribadi terlibat dalam banyak acara yang dia ceritakan. Paus Innosensius III mengunjungi biaranya pada bulan Juni 1208. Dia menemani Stefano dari Marsia ke Konsili Lateran IV pada tahun 1215. Dia berada di pengepungan Milan pada tahun 1239.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ryccardi di Sancto Germano Notarii Chronicon, ed. C. A. Garufi in Rerum Italicarum Scriptores, 2nd edition. Bologna: 1938.
  • The Chronicle of Richard of San Germano, translated by G. A. Loud. Leeds: 2002.