Republik Merdeka Schwarzenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Merdeka Schwarzenberg

Freie Republik Schwarzenberg
1945–1945
{{{coat_alt}}}
Lambang Schwarzenberg
Peta wilayah Erzgebirge yang tidak diduduki dari 8 Mei hingga 24 Juni 1945[1]
Peta wilayah Erzgebirge yang tidak diduduki dari 8 Mei hingga 24 Juni 1945[1]
Ibu kotaTidak pasti
Era SejarahWorld War II
8 Mei 1945
• Pendudukan Soviet
24 Juni 1945
Didahului oleh
Digantikan oleh
Jerman Nazi
Zona pendudukan Sekutu di Jerman
Zona pendudukan Soviet
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Merdeka Schwarzenberg (Jerman: Freie Republik Schwarzenberg) adalah istilah yang mengacu kepada wilayah Sachsen Barat yang tidak diduduki oleh Sekutu selama beberapa minggu setelah menyerahnya Jerman Nazi pada 8 Mei 1945. Wilayah ini meliputi Distrik Schwarzenberg, Stollberg, dan Aue di kawasan Erzgebirge. Oleh sebab itu, kelompok-kelompok anti-fasis membentuk pemerintahan-pemerintahan di wilayah tersebut. Namun, kelompok-kelompok ini tidak bermaksud untuk mendirikan negaranya sendiri. Pemerintahan-pemerintahan ini dibubarkan setelah wilayah tersebut diduduki oleh Tentara Merah pada 24 Juni 1945.

Tidak diketahui secara pasti mengapa tentara Amerika Serikat dan Uni Soviet tidak menduduki kawasan ini selama beberapa minggu. Terdapat kemungkinan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk berhenti di tepi Sungai Mulde. Mengingat ada beberapa sungai dengan nama yang sama, dan kawasan Schwarzenberg terletak di antara sungai-sungai tersebut, terdapat kemungkinan bahwa kedua belah pihak salah paham terkait dengan perbatasan yang telah disepakati. Sementara itu, menurut penjelasan yang lain, tentara Sekutu tidak sadar bahwa mereka belum menduduki wilayah tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jochen Czerny (Hrsg.): Republik im Niemandsland. Ein Schwarzenberg-Lesebuch, Rosa-Luxemburg-Stiftung Sachsen, Schkeuditz 1997, ISBN 978-3-929994-94-0, hlm. 369