Renovasi Khmer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Renovasi Khmer
Kanakpak Khemara Ponnakar
Ketua umumSisowath Monipong
PendiriLon Nol dan Nhiek Tioulong
DibentukSeptember 1947
Dibubarkan1955 (bergabung dengan Sangkum)
Ideologi • Nasionalisme Khmer
 • Monarkisme
 • Konservatisme sosial
Posisi politikTengah-kanan
AgamaBuddha Theravada
Afiliasi nasionalSangkum
Lambang pemilu
Dewi Bumi yang berdiri di peta protektorat

Renovasi Khmer (Kanakpak Khemara Ponnakar, Prancis: parti de rénovation Khmère) juga disebut sebagai "Pembaharuan Khmer", adalah sebuah partai politik royalis, nasionalis dan anti-komunis yang didirikan di Kamboja pada September 1947. Pada 1955, partai tersebut menjadi salah satu unsur murni gerakan politik Sangkum dari Pangeran Norodom Sihanouk.

Partai tersebut utamanya menjadi signifikan karena tokoh-tokoh penting Lon Nol dan Pangeran Sisowath Sirik Matak memimpin kudeta sayap kanan 1970 melawan Sihanouk dan rezim Sangkum-nya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai tersebut dibentuk oleh politik dan prajurit Nhiek Tioulong dan kepala polisi Lon Nol.[1] Pemimpin nominalnya adalah Pangeran Sisowath Monipong, salah satu dari dua putra Raja Sisowath Monivong dan salah satu kandidat tahta yang diraih oleh Sihanouk pada 1941. Anggota berpengaruh lainnya meliputi Chau Sen Cocsal Chhum, yang bertindak sebagai penasehat Tioulong dan Nol dalam mendirikan partai tersebut, dan Chuop Hell.

Partai tersebut, yang dikenal secara tak resmi sebagai "Renos",[2] memiliki program royalis dan konservatif secara sosial - jauh lebih pro-kemerdekaan ketimbang Partai Liberal yang sama-sama konservatif dari Pangeran Norodom Norindeth - dan terdiri dari para birokrat berpangkat tinggi dan beberapa anggota keluarga kerajaan serta perwira militer .[3] Sudut pandang "quasi-feudalis" Renovasi Khmer, yang menyoroti Kamboja dan tempat monarkinya dalam sejarah dunia dan masa pasca-kolonial,dilambangkan dengan lambang Dewi Bumi yang berdiri di sebuah peta protektorat.[2] Partai tersebut menerbitkan sebuah surat kabar, Khmera atau Rénovation, keduanya dalam versi bahasa Prancis dan bahasa Khmer.[2] Monipong menjadi Perdana Menteri pemerintahan 'bersatu' antara Juni 1950 dan Februari 1951.

Lon Nol memimpin partai tersebut pada pemungutan suara 1951, dimana - meskipun meraih 9.1% dari total suara - partai tersebut memenangkan 2 kursi dalam Majelis.[3]

Meskipun Partai Renovasi Khmer hanya mendapatkan kesuksesan terbatas - Lon Nol dan Sirik Matak, yang kemudian menjadi politikus berpengaruh, memenangkan kursi saat menjadi anggota partai - partai tersebut menjadi salah satu kelompok politik utama di balik pembentukan Sangkum dari Pangeran Sihanouk.[4] Nhiek Tioulong menjadi Perdana Menteri di bawah pemerintahan Sangkum, dan kemudian menjadi figur berpengaruh dalam organisasi pro-royalis FUNCINPEC. Lon Nol juga menjadi Perdana Menteri, namun bersama dengan Sirik Matak untuk memimpin kudeta 1970 demi melengserkan Sihanouk dan mendirikan Republik Khmer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Corfield, J. History of Cambodia, ABC-CLIO, 2009, p.57
  2. ^ a b c Corfield, J. and Summers, L. Historical Dictionary of Cambodia, Scarecrow Press, p.223
  3. ^ a b Fukui, Haruhiro. Political parties of Asia and the Pacific, V.1, Greenwood Press, 1985, p.642
  4. ^ Kiernan, B. How Pol Pot came to Power, Yale University Press, 2004, p.158

Templat:Partai politik Kamboja