René Ríos Boettiger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

René Ríos Boettiger[1] (Concepción, 15 Desember 1911 - 14 Juli 2000), juga dikenal dengan nama samarannya Pepo, adalah seorang komikus Chili, pencipta karakter Condorito.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil, Pepo merasakan panggilan untuk menggambar, dan dia memberikan rekomendasi ini kepada anak-anak: "untuk menggambar, diperlukan budaya umum yang luas, seseorang harus memiliki pengetahuan tentang sejarah, psikologi, arsitektur. Tidak cukup hanya mengetahui caranya untuk menciptakan dialog...".

La belajar di Deutsche Schule Concepción dan Liceo de Hombres de Concepción, masuk Universidad de Concepción untuk belajar kedokteran, tetapi setelah dua tahun mengundurkan diri dari perlombaan, karena ia merasakan panggilan untuk menggambar.[1]

Kartunis politik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1932 dia pindah ke Santiago, di mana dia bekerja sebagai kartunis di majalah satir Topaze. Dia mengadopsi nama samaran Pepo -yang berasal dari Pepón, "tong kecil", karena dia cukup gemuk saat kecil- dan membuat komik strip El Jefe, dengan tidak lebih dari empat kartun, di mana dia mewakili pamannya sendiri, Presiden Juan Antonio Ríos, yang digambarkan sebagai komik politik Chili pertama. Kemudian dia membuat komik strip Don Gabito yang paling tersebar luas, yang mewakili Presiden Gabriel González Videla, dan juga membuat karikatur, sebagai Don Pedrito, Presiden Pedro Aguirre Cerda dan dia juga membuat karikatur Carlos Ibáñez del Campo sebagai "Don Sonámbulo".[1]

Condorito lahir[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1949 ia menciptakan ''Condorito'', karakternya yang paling terkenal. Dalam film Walt Disney Saludos amigos, dimaksudkan untuk memenangkan publik Amerika Latin, muncul karakter yang mewakili Chili, "Avión Pedrito", yang sama sekali tidak disukai Ríos. Mempertimbangkan bahwa kondor adalah simbol negara Andean yang paling tepat, ia menciptakan karakter Condorito sebagai tanggapan atas Disney.

Seorang pengunjung tetap resor El Quisco di Chili, di tempat itulah patung Condorito didirikan, di tempat yang sama di mana dia biasa menggambar sambil mengamati laut. Pada tahun 1999 Condorito, karakter Pepo yang paling terkenal, merayakan 50 tahun keberadaannya.

Majalah Condorito menjadi klasik kultus bagi generasi Chili dan melintasi perbatasan mencapai 13 negara, termasuk Amerika Serikat.

Pada tahun 2010, Condorito diluncurkan kembali dengan sukses besar dalam edisi di bawah naungan Copec, menyusun lelucon terbaik dari tahun 1940-an hingga saat ini dan dianugerahi poster Santiago Metro. René Ríos Boettiger menciptakan Condorito saat dia berusia 38 tahun. Pepo meninggal karena kanker, tetapi hari ini lebih dari 80 juta penutur bahasa Spanyol membaca dan mengetahuinya.

Kolaborasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Dia berkolaborasi di banyak majalah lain (Can Can, Ganso, El Peneca, El Pingüino, El Saquero, Pichanga, Pobre Diablo, dll.) dan juga melakukan berbagai pekerjaan periklanan.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Dia meninggal karena kanker pada 14 Juli 2000, pada usia 88 tahun.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Montealegre, Jorge, 1954-Kondor terjadi: Humor grafik Chili Warisan budaya / Direktorat Perpustakaan, Arsip, dan Museum. Santiago : DIBAM, 1995-(Santiago : EMEGE Komunikasi) v., no.16, (Nov. 1999), hlm. 12-13 Koleksi Perpustakaan Nasional[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Condorito (1949-)". Memoria Chilena. 2011. Diakses tanggal 06 Mei. 
  2. ^ El condor pasa : humor gráfico de Chile

Pranala luar[sunting | sunting sumber]