Regimini militantis Ecclesiae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fresko Persetujuan atas Undang-undang Serikat Yesus memperlihatkan Ignatius Loyola menerima bulla kepausan Regimini militantis Ecclesiae dari Paus Paulus III. Fresko dibuat oleh Johann Christoph Handke di dalam Gereja Our Lady Of the Snow di kota Olomouc, sekitar tahun 1743.

Regimini militantis Ecclesiae (Bahasa Latin yang artinya Untuk Pengaturan Kaum Militan Gereja) adalah bulla kepausan yang diterbitkan oleh Paus Paulus III pada tanggal 27 September 1540 yang memberikan persetujuan pertama pada keberadaan Serikat Yesus, dikenal sebagai kaum Yesuit, namun membatasi jumlah anggotanya hingga enam-puluh orang saja. Kelompok pertama Yesuit, saat itu hanya dikenal sebagai "para imam pembaharuan", kemudian memilih Ignatius Loyola sebagai Superior Jendral mereka (walaupun hal ini bertentangan dengan keinginan Ignatius sendiri), dan berikrar untuk selalu setia kepadanya atas dasar penghargaan mereka pada Ignatius yang dianggap "memegang mandat Tuhan" dalam hubungannya dengan kaum Yesuit.

Ignatius Loyola dan rekan-rekannya tiba di kota Roma pada bulan Oktober 1538 untuk mempersembahkan pelayanan imamat mereka kepada Sri Paus. Saat mereka akan berpisah untuk menjalankan misinya masing-masing yang telah ditugaskan oleh Sri Paus, sebuah pertanyaan muncul mengenai apakah mereka tetap berkeinginan untuk tetap bersatu dalam semangat. Melalui doa-doa dan diskusi mereka kemudian mengambil keputusan secara positif, sebagaimana Kristus telah membawa mereka bersama, mereka merasa bahwa adalah juga kehendak Kristus bahwa mereka akan tetap bersatu. Sebuah piagam perjanjian diajukan pada Sri Paus, yang diterima dengan baik dan puncaknya diberikan persetujuan resmi di dalam bulla Regimini Militantis Ecclesiae ini pada tahun 1540. Persetujuan akhir, yaitu dengan dihapuskannya pembatasan jumlah anggota, hadir di dalam bulla Exposcit debitum (Bahasa Latin artinya: Tugas ini membutuhkan...) pada tanggal 21 Juli 1550, dikeluarkan oleh Paus Julius III.

Teks kepausan mencakup apa yang dikenal sebagai Formula Instituti. Nantinya, sebuah konstitusi yang lebih lengkap ditulis dan disetujui oleh Cabang Umum pertama (disebut "Kongregasi Umum) Serikat Yesus, yang menentukan untuk memilih penerus Ignatius Loyola pada tahun 1558.

Teks Lengkap[sunting | sunting sumber]

Teks lengkap berbahasa Latin dapat ditemukan di Monumenta Historica Societatis Iesu (MHSI), Constitutiones, vol.1, Rome, 1934, pp. 24-32. Juga di dalam karya tulis Reich, Documents, pp. 216-219, dan sebuah versi pendek di dalam karya tulis Robinson, European History, ii. 161-165.