Regelinda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Regelinda di Katedral Naumburg.

Regelinda (lahir tahun 989 - wafat 21 Maret setelah tahun 1014), merupakan puteri Polandia anggota keluarga Istana Piast dan dengan pernikahan Margravine Meissen.

Ia merupakan putri ketiga Bolesław I Chrobry namun yang kedua dari pernikahan ketiganya dengan Emnilda, putri Dobromir, seorang pangeran Slavia, Lusatia.[1][2]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 April 1002, ia menikah dengan Herman, putra Eckard I, Margrave dari Meissen. Pada tahun 1009, paman Herman Gunzelin digulingkan oleh Raja Henry II dari Jerman, yang memutuskan untuk menunjuk Herman sebagai Margrave dengan Regelinda sebagai istri margravinenya. Pernikahan itu tidak membuahkan keturunan.[3]

Regelinda lebih dikenal atas patung yang didirikan di Katedral Naumburg yang menunjukkan "senyuman wanita Polandia" (Bahasa Polandia: śmiejącą się Polkę), meskipun terdapat beberapa penelitian yang mempertanyakan identifikasi dari patung tersebut.

Tanggal tepat kematiannya tidak diketahui. Ia wafat sekitar tahun 1014, namun juga dispekulasikan bahwa ia hidup sampai tahun 1030.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • O. Balzer, Genealogia Piastów, Kraków 1895.
  • K. Jasiński, Rodowód pierwszych Piastów, Wrocław-Warsaw (1992).

Catatan[sunting | sunting sumber]

Regelinda
Lahir: tahun 989 Wafat: 21 Maret setelah 1014
Jerman
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Swanehilde dari Sachsen
Margravine dari Meissen
1009–1014
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Uta dari Ballenstedt