Reaktor cepat berpendingin gas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gas-cooled fast reactor (GFR), atau Reaktor Cepat Berpendingin Gas merupakan desain reaktor nuklir yang saat ini sedang dalam pengembangan. Diklasifikasikan sebagai reaktor Generasi IV, reaktor ini memiliki spektrum neutron cepat dan siklus bahan bakar tertutup untuk konversi efisien uranium subur dan pengelolaan aktinida. Desain Reaktor referensi adalah helium- didinginkan sistem operasi dengan suhu outlet 850 ° Cmenggunakan langsung Brayton turbin gas ditutup-siklusuntuk efisiensi termal yang tinggi. Beberapa bentuk bahan bakar sedang dipertimbangkan untuk potensinya untuk beroperasi pada suhu yang sangat tinggi dan untuk memastikan retensi yang sangat baik dari produk fisi: bahan bakar keramik komposit , partikel bahan bakar lanjutan, atau elemen berlapis keramik dari senyawa aktinida. Konfigurasi inti sedang dipertimbangkan berdasarkan rakitan bahan bakar berbasis pin atau pelat atau blok prismatik, yang memungkinkan sirkulasi pendingin yang lebih baik daripada rakitan bahan bakar tradisional.

Reaktor-reaktor tersebut dimaksudkan untuk digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menghasilkan listrik, sekaligus menghasilkan (pemuliaan) bahan bakar nuklir baru.

Reaktor cepat pada awalnya dirancang untuk menjadi reaktor breeder. Ini karena pandangan pada saat konsepsi mereka bahwa ada kekurangan bahan bakar uranium untuk reaktor yang ada. Proyeksi kenaikan harga uranium tidak terwujud, tetapi jika permintaan uranium meningkat di masa depan, maka mungkin ada minat baru pada reaktor cepat.

Desain dasar GFR adalah reaktor cepat, tetapi dengan cara lain mirip dengan reaktor berpendingin gas suhu tinggi. Ini berbeda dari desain HTGR dalam inti yang memiliki kandungan bahan bakar fisil yang lebih tinggi serta non-fisil, subur, komponen pemuliaan. Tidak ada moderator neutron , karena reaksi berantai ditopang oleh neutron cepat. Karena kandungan bahan bakar fisil yang lebih tinggi, desainnya memiliki kerapatan daya yang lebih tinggi daripada HTGR.

Referensi[sunting | sunting sumber]