RapidMiner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RapidMiner adalah platform perangkat lunak ilmu data yang dikembangkan oleh perusahaan bernama sama dengan yang menyediakan lingkungan terintegrasi untuk persiapan data, pembelajaran mesin, pembelajaran dalam, penambangan teks, dan analisis prediktif. Hal ini digunakan untuk bisnis dan komersial, juga untuk penelitian, pendidikan, pelatihan, rapid prototyping, dan pengembangan aplikasi serta mendukung semua langkah dalam proses pembelajaran mesin termasuk persiapan data, hasil visualisasi, validasi model, dan optimasi.[1] RapidMiner dikembangkan pada model inti terbuka. Dengan RapidMiner Studio Free Edition, yang terbatas untuk 1 prosesor logika dan 10.000 baris data, tersedia di bawah lisensi AGPL.[2] Harga komersial dimulai dari $2.500 dan tersedia dari pengembang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

RapidMiner sebelumnya dikenal sebagai YALE (Yet Another Learning Environment), mulai dikembangkan pada tahun 2001 oleh Ralf Klinkenberg, Ingo Mierswa, dan Simon Fischer dari Unit Kecerdasan Buatan Universitas Teknik Dortmund.[3] Mulai tahun 2006, perkembangannya didorong oleh Rapid-I, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ingo Mierswa dan Ralf Klinkenberg pada tahun yang sama.[4] Pada tahun 2007, nama perangkat lunak itu berubah dari YALE menjadi RapidMiner. Pada tahun 2013, perusahaan melakukan rebranding dari Rapid-I menjadi RapidMiner.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Markus Hofmann, Ralf Klinkenberg, “RapidMiner: Data Mining Use Cases and Business Analytics Applications (Chapman & Hall/CRC Data Mining and Knowledge Discovery Series),” CRC Press, October 25, 2013.
  2. ^ RapidMiner[pranala nonaktif permanen]. 1 September 2015.
  3. ^ Guido Deutsch, “RapidMiner from Rapid-I at CeBIT 2010 Diarsipkan 2018-01-21 di Wayback Machine.,” Data Mining Blog, March 18, 2010.
  4. ^ Interview with RapidMiner's Ingo Mierswa, Ralf Klinkenberg”, KDnuggets, February, 2010.
  5. ^ German Predictive Analytics Startup Rapid-I Rebrands As RapidMiner”, TechCrunch, 4 November 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]