Rangka yang saling mendukung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
rangka sederhana dari 3 batang kayu

Rangka yang saling mendukung adalah sebuah struktur yang mampu menopang dirinya sendiri. Rangka ini terbuat dari setidaknya 3 batang dan tidak memerlukan penopang dibagian tengah untuk menciptakan atap, jembatan atau struktur sejenis.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Rangka yang saling mendukung dibuat pertama kali dengan menggunakan penopang tengah sementara untuk menempatkan batang pertama pada ketinggian yang ditentukan. Batang pertama itu dipasangkan antara tembok dengan penopang tengah sementara tadi, untuk selanjutnya batang batang berikutnya dipasangkan menumpuk pada batang sebelumnya. Batang terakhir dipasang diatas batang sebelumnya dan dipawah batang yang pertama. Batang batang ini kemudian di ikat sebelum penopang tengah sementara dipindahkan. [1] Kegagalan pada satu elemen akan berakibat kegagalan pada seluruh struktur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rangka yang saling mendukung dikenal juga sebagai atap Mandala ,[2] telah digunakan sejak abad ke 12 di Cina dan Jepang walaupun tidak ada bekas jejaknya saat ini yang tersisa. Saat ini metode ini digunakan oleh arsitek Kazuhiro Ishii (the Spinning House) dan Yasufumi Kijima, dan insinyur Yoishi Kan (Kijima Stonemason Museum).[3]

Villard de Honnecourt membuat sketsa desain yang mirip dengan Rangka yang saling mendukung pada abad ke 13[4] dan struktur yang mirip juga digunakan di chapter house dari Lincoln Cathedral.[5] Josep Maria Jujol emnggunakan struktur ini di Casa Bofarull dan Casa Negre[6] Rangka atap yang saling mendukung dibuat secara mandiri oleh Graham Brown pada 1987 dan menjadi atap yang popular untuk komunitas pecinta ingkungan yang membuat sendiri bangunan mereka[7] and particularly for modern roundhouses.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to build a reciprocal roof frame". 
  2. ^ Reciprocal Frame Architecture. Architectural Press. 2008. ISBN 9780750682633. 
  3. ^ Biagio di Carlo. "The Wooden Roofs of Leonardo and New Structural Research". Nexus Network Journal 10 (1): 27. 
  4. ^ Reciprocal Frame Architecture. hlm. 14. ISBN 0750682639. 
  5. ^ Reciprocal Frame Architecture. hlm. 9. ISBN 0750682639. 
  6. ^ Reciprocal Frame Architecture. hlm. 8. ISBN 0750682639. 
  7. ^ "Design Forward Newsletter 2003".