Ramon Magsaysay Award

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ramon Magsaysay Award
Medallion with an embossed image of Ramon Magsaysayl facing right in profile.
Diberikan untuk Outstanding contributions in Government Service, Public Service, Community Leadership, Journalism, Literature and Creative Communication Arts, Peace and International Understanding and Emergent Leadership
Negara Filipina
Presenter Ramon Magsaysay Award Foundation
Pertama Diberikan 1957
Situs Resmi http://www.rmaf.org.ph

Ramon Magsaysay Award atau Hadiah Ramon Magsaysay, adalah suatu hadiah penghargaan yang dibentuk pada bulan April 1957, oleh para wali amanat Rockefeller Brothers Fund (RBF) yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat. Dengan persetujuan dari pemerintah Filipina, hadiah ini diciptakan untuk mengenang Ramon Magsaysay, almarhum Presiden Filipina; dan untuk menyebar-luaskan keteladanan integritasnya dalam menjalankan pemerintahan, kegigihannya dalam memberikan pelayanan umum, serta idealisme pragmatisnya dalam suatu lingkungan masyarakat yang demokratis.

Setiap tahun Ramon Magsaysay Award Foundation memberikan hadiah bagi perorangan dan organisasi Asia atas pencapaian unggul mereka di bidangnya masing-masing. Hadiah-hadiah tersebut diberikan dalam enam kategori:

  • Government Service
  • Public Service
  • Community Leadership
  • Journalism, Literature and Creative Communication arts
  • Peace and International Understanding
  • Emergent Leadership

Pada bulan Mei 1957, tujuh orang terkemuka Filipina ditetapkan sebagai anggota pendiri dewan wali amanat dari Ramon Magsaysay Award Foundation (RMAF), yaitu sebuah lembaga nirlaba yang ditugaskan untuk melaksanakan program hadiah penghargaan ini.

RMAF memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap perorangan dan organisai di Asia tanpa mempertimbangkan ras, agama, jenis kelamin, atau kebangsaan; yaitu mereka yang telah memperlihatkan keunggulannya dalam bidang-bidang mereka masing-masing dan telah membantu sesama dengan setulusnya tanpa mengharapkan ketenaran publik.

Kategori Emergent Leadership adalah penghargaan terakhir (keenam) dari Ramon Magsaysay Award, yang diciptakan tahun 2000 dengan dukungan hibah dari Ford Foundation. Penghargaan ini diberikan untuk "perorangan, berusia empat puluh tahun atau kurang, telah mengerjakan suatu karya yang luar biasa di bidang perubahan sosial pada komunitas-komunitas mereka, tetapi kepemimpinan tersebut belum dikenal secara meluas di luar dari komunitas-komunitas tersebut". Penghargaan kategori ini pertama kali diberikap pada tahun 2001.

Bekerjasama dengan Pamantasan ng Lungsod ng Maynila, RMAF secara rutin mengadakan seri kuliah umum dari para penerima Ramon Magsaysay Award, yang diselenggarakan di President Ramon Magsaysay School of Public Governance.

Ramon Magsaysay Award sering dianggap sebagai Hadiah Nobel versi Asia.

Penerima penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]