Ramon Berenguer II, Pangeran Provence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ramon Berenguer II (Raymond Berengar) (skt. 11351166) merupakan seorang Pangeran Provence dari tahun 1144 sampai kematiannya. Pamandanya, Ramon Berenguer IV Pangeran Barcelona, menjadi wali sampai tahun 1157.

Pada tahun 1144, ayah Ramon, Berenguer Ramon, Pangeran Provence, meninggal di dalam serangan melawan Genoa dan mewarisi wilayah tersebut. Ia segera ditentang oleh sebuah keluarga dari Les Baux-de-Provence dan mengambil kekuasaan militer dari pamannya, Pangeran Barcelona, tahun 1147 untuk mengamankan tahtanya. Perang melawan Baux berlangsung sampai kematian Pangeran Barcelona pada tahun 1162.

Pada bulan Agustus tahun 1161, ia melakukan perjalanan ke Torino dengan pamannya untuk mendapatkan konfirmasi mengenai status kepangeranannya di Provence dari Frederick I, Kaisar Romawi Suci, untuk menjadikan Provence sebagai wilayah feodal Kekaisaran Romawi Suci. Di sana ia bertemu dengan Puteri Richeza, putri Adipati Agung Polandia, Władysław II yang ditawan dan diasingkan. Ia menikahinya pada tanggal 17 November dan di dalam perjalanan pulang, pamannya meninggal.

Ia kembali berperang dengan Genova, akan tetapi ketika berusaha untuk menguasai Nice pada musim semi tahun 1166 ia meninggal. Putrinya, Douce II, mewarisi tahtanya, dan janda Richeza menikah lagi dengan Raymond V, Pangeran Toulouse.

Didahului oleh:
Berenguer Ramon
Pangeran Provence
1144–1166
Diteruskan oleh:
Douce II