Ramón Berenguer IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ramón Berenguer IV
Comte Barcelona
Ramón Berenguer IV.jpg
Memerintah 19 Agustus 1131 – 6 Agustus 1162
Pendahulu Ramón Berenguer III
Pengganti Alfonso I
Pasangan Petronila dari Aragon
Anak
Dulce, Ratu Portugal
Alfonso II dari Aragon
Ramón Berenguer III
Sancho dari Provence
Ramon, Uskup Agung Narbonne (anak haram)
Ayah Ramón Berenguer III
Ibu Dulce I
Lahir Tahun 1113
Meninggal 6 Agustus 1162
Borgo San Dalmazzo Piemonte, Italia

Ramón Berenguer IV (tahun 1113 – 6 Agustus 1162), kadang-kadang disebut yang Kudus, merupakan seorang Comte Barcelona yang mempersatukan Provinsi Barcelona dengan Kerajaan Aragon untuk membentuk Takhta Aragon.

Awal Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi ahli waris kabupaten Barcelona dari ayahandanya Ramón Berenguer III pada tanggal 19 Agustus, 1131. Pada tanggal 11 Agustus 1137, ia menikahi Petronila dari Aragon yang masih bocah dengan usia setahun pada saat itu. Ayahandanya, Remiro II dari Aragon adalah seorang Biarawan, yang mencari bantuan dari Barcelona untuk melawan Alfonso VII dari León, mengabdikasikan dirinya pada tanggal 13 November pada tahun yang sama, meninggalkan kerajaannya kepada Petronila dan Ramón Berenguer. Kemudian akhirnya Ramón Berenguer menjadi pemimpin Aragon, meskipun ia sendiri tidak pernah menjadi raja, sebaliknya kerap menggunakan gelar Comte Barcelona dan Pangeran Aragon, dan terkadang "Markis Lleida dan Tortosa" (setelah menaklukkan kota-kota tersebut). Ia merupakan pemimpin terakhir Katalan yang menggunakan gelar Comte sebagai gelar primernya; mulai dengan putranya Alfonso II dari Aragon Comte Barcelona masing-masing memiliki gelar mereka sendiri-sendiri, di tempat pertama, sebagai raja-raja Aragon.

Perjanjian di antara Ramón Berenguer dan ayah mertuanya ditetapkan bahwa keturunan mereka akan memerintah bersama-sama di dua kerajaan. Meskipun Petronila meninggal sebelum pernikahan dapat dilangsungkan, keturunan Berenguer tetap akan mewarisi gelar Raja Aragon. Kedua kerajaan akan mempertahankan hukum-hukum mereka, institusi dan otonomi, sisa hukum yang terpisah namun federasi di dalam persatuan dinasti dibawah satu wangsa yang memerintah. Para sejarawan menganggap pengaturan ini adalah akal yang sempurna yang terjadi di abad pertengahan Hispanik. Kedua kerajaan mendapatkan kekuatan dan keamanan yang lebih besar dan Aragon memiliki banyak jalan keluar ke laut yang dibutuhkan. Di sisi lain, pembentukan suatu politik entitas baru di timur laut pada saat Portugal memisahkan diri dari León di barat memberikan keseimbangan lebih kepada kerajaan-kerajaan Kristen di semenanjung tersebut. Ramón Berenguer berhasil menarik Aragon keluar dari janji submisinya kepada Kastilia, tidak diragukan lagi dengan dibantu dengan kecantikan dan pesona saudarinya Berenguela, istri Raja Alfonso, dimana ia terkenal untuk itu pada masanya.

Perang salib dan perang-perang lainnya[sunting | sunting sumber]

Di dalam pertengahan tahun dimasa pemerintahannya, perhatiannya mengarah ke berbagai kampanye melawan suku Moor. Di bulan Oktober 1147, sebagai bagian dari Perang Salib Kedua, ia membantu Kastilia untuk menguasai Almería. Ia kemudian menyerang wilayah-wilayah Almoravid taifa kerajaan Valencia dan Murcia. Di bulan Desember 1148, ia menangkap Tortosa setelah lima bulan pengepungan dengan bantuan pasukan perang salib dari Perancis Selatan, Anglo-Norman dan Genoa.[1] Tahun berikutnya, Fraga, Lleida dan Mequinenza di tumpuan sungai-sungai Segre dan Ebro yang jatuh ke pasukannya. Reconquista dari Katalunya modern telah selesai.

Ramón Berenguer juga kampanye di Provence, membantu saudaranya Berenguer Ramón I dan keponakannya Ramón Berenguer II melawan beberapa Comte Toulouse. Semasa kecilnya Ramón Berenguer II, Comte Barcelona juga bertindak sebagai seorang wali raja Provence (di antara tahun 1144 dan 1157). Pada tahun 1151, Ramón menandatangani Perjanjian Tudilén dengan Alfonso VII dari León. Perjanjian tersebut membentuk zona penaklukan di Andalusia untuk menghindari dua pemimpin dari perselisihan. Juga pada tahun 1151, Ramón Berenguer mendirikan dan menghadiahkan biara kerajaan Poblet. Pada tahun 1154, ia menerima kerajaan Gaston V dari Béarn sebagai balasan untuk para bangsawan Bearnese yang membayar upeti kepadanya di Canfranc, dan kemudian menyatukan kerajaan kecil dengan kerajaan Katalan yang berkembang.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Ia meninggal pada tahun 1162 di Borgo San Dalmazzo, Piemonte, Italia, meninggalkan gelar Comte Barcelona kepada putra sulungnya Ramón Berenguer, yang pada tahun berikutnya diberikan gelar Raja Aragon dari pengabdikasian ibundanya Petronila dari Aragon dua tahun kemudian pada tahun 1164. Sebagai komplimen kepada rakyat Aragon, mengganti namanya dari Alfonso menjadi Alfonso II dari Aragon. Putra Ramón Berenguer yang lebih muda Pietro menjadi ahli waris di kabupaten Cerdaña dan wilayah-wilayah utara Pirenia.

Silsilah Keluarga[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
16. Berenguer Ramón I
 
 
 
 
 
 
 
8. Ramón Berenguer I
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
17. Sancha Sánchez dari Kastilia
 
 
 
 
 
 
 
4. Ramón Berenguer II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
18. Bernard I dari La Marche
 
 
 
 
 
 
 
9. Almodis de La Marche
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
19. Amélie de Rasés
 
 
 
 
 
 
 
2. Ramón Berenguer III
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
20. Tancred dari Hauteville
 
 
 
 
 
 
 
10. Robert Guiscard, Adipati Apulia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
21. Fressenda
 
 
 
 
 
 
 
5. Maud dari Apulia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
22. Guaimar IV dari Salerno
 
 
 
 
 
 
 
11. Sikelgaita dari Salerno
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
23. Gemma dari Capua
 
 
 
 
 
 
 
1. Ramón Berenguer IV, Comte Barcelona
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
24. Richard II dari Millau dan Gévaudan
 
 
 
 
 
 
 
12. Berenguer II dari Rodés
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
25. Rixinde de Narbonne
 
 
 
 
 
 
 
6. Gilbert I dari Gévaudan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
26. Girbert II dari Carlat
 
 
 
 
 
 
 
13. Adela dari Carlat
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
27. Nobilia dari Lodève
 
 
 
 
 
 
 
3. Dulce I
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
28. Guillaume II dari Provence
 
 
 
 
 
 
 
14. Geoffroi I dari Provence
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
29. Gerberge dari Bourgogne
 
 
 
 
 
 
 
7. Gerberge dari Provence
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
30. Guillaume II dari Marseille
 
 
 
 
 
 
 
15. Stephanie-Douce de Marseille
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
31. Stephanie
 
 
 
 
 
 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Riley-Smith (1991) p.48.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Riley-Smith, Jonathan (1991). Atlas of the Crusades. New York: Facts on File.
  • Villegas-Aristizabal, Lucas (2009), "Anglo-Norman involvement in the conquest of Tortosa and Settlement of Tortosa, 1148-1180", Crusades 8, pp. 63-129.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ramón Berenguer III
Comte Barcelona
1131–1162
Diteruskan oleh:
Alfonso II dari Aragon