Ramesh Maharaj

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ramesh Lawrence Maharaj SC (pengucapan bahasa Hindi: [rəmeːɕə ləॉreːⁿsə məɦɑːrɑːɟə]; lahir 16 September 1945) adalah seorang politikus Trinidad dan Tobago.

Kehidupan muda[sunting | sunting sumber]

Ramesh Maharaj lahir dari pasangan Hindu Indo-Trinidad, Dolly dan Nanan Maharaj, pada 16 September 1945 di desa Diamond, Trinidad dan Tobago.[1] Maharaj (B/) telah berpengalaman lebih dari 50 tahun sebagai seorang ahli hukum dan bekerja di English Bar pada tahun 1967. Dia juga membuka praktik pribadi sebagai Mitra Senior di Ramesh Lawrence Maharaj and Company. Dia juga mengaku pernah bekerja sebagai pengacara di Saint Vincent dan Grenadine (1990) dan Grenada (1993). Dia adalah penulis beberapa buku termasuk buklet berjudul "Aturan Hukum di Trinidad dan Tobago."

Anggota parlemen[sunting | sunting sumber]

Maharaj pertama kali memasuki Parlemen Trinidad dan Tobago sebagai Senator Oposisi Sementara pada Agustus 1991, menjelang akhir Parlemen Republik ke-3. Pada akhir tahun itu, ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada tahun 1991 mewakili Couva Selatan, di mana ia menjabat sebagai Kepala Oposisi Whip. Pada tahun 1995, ia bersaing dan memenangkan kursi Couva Selatan, dan tak lama kemudian diangkat sebagai Jaksa Agung, posisi yang dipegangnya hingga Oktober 2001, setelah pemilihan pada tahun 2000.

Ia dilantik sebagai Jaksa Agung dan Menteri Hukum pada tanggal 19 Desember 2000. Sebagai Jaksa Agung dan Menteri Hukum, Maharaj ditugaskan untuk bertanggung jawab atas Kepaniteraan Umum, Administrator Umum, Hak Cipta, Paten, Merek Dagang, Wali Amanat Umum, Kekayaan Intelektual, Reformasi dan Revisi Hukum, Penyusunan Legislatif dan Pembatasan Sewa serta penunjukan Badan Peradilan Kuasi. Dia juga menjabat sebagai Penerima Resmi Sementara, Likuidator Sementara dan Penjaga Properti Musuh.

Pada tahun 2008, Maharaj bersaing dan memenangkan konstituensi Tabaquite untuk UNC-A, dan kembali menjadi ketua whip di Parlemen Republik ke-9.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Maharaj menikah dengan Lynette Maharaj, yang juga seorang pengacara, dan merupakan ayah dari satu putra dan putri kembar. Maharaj juga saudara dari pengusaha yang dipenjara, Krishna Maharaj. Dia juga saudara dari Indra Rambachan (née Maharaj) yang merupakan istri dari pengacara pemenang Penghargaan Nasional Trinidad dan Tobago, Roopnarine Rambachan. Maharaj juga memimpin Asosiasi Hak Sipil Trinidad dan Tobago. Maharaj dibesarkan dalam keluarga Hindu, namun ia kemudian pindah ke Presbiterianisme.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]