Rajendra dari Nepal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rajendra Bikram Shah
Raja Nepal
Pendahulu Girvan Yuddha Bikram Shah Deva
Pengganti Surendra Bikram Shah
Wangsa Dinasti Shah
Ayah Girvan Yuddha Bikram Shah Deva

Rajendra Bikram Shah, Raja Nepal (1813-1881) adalah Raja Nepal sejak 1816 hingga 1847. Ia menjadi raja pada usia 3 tahun karena kematian ayahnya Girvan Yuddha Bikram Shah Deva. Karena ayahnya wafat, sebagian besar kekuasaan Rajendra berada di bawah kepemimpinan Ratu Lalit Tripura Sundari (wafat 1832) dan Perdana Menteri Bhimsen Thapa. Sebagai pemimpin, Bhimsen Thapa membiarkan raja terisolasi - ia bahkan tak diberi kebebasan meninggalkan istana tanpa izin.

Rajendra mulai cukup umur pada tahun 1832, dan pada 1837 ia mengumumkan keinginannya untuk berkuasa terbebas dari Perdana Menteri. Ia menyingkirkan Bhimsen Thapa dan keponakan Thapa, Mathbar Singh, dari kekuasaan militernya. Tak lama setelah itu, putra termuda dari ratu tertua Rajendra wafat, dan Bhimsen Thapa ditahan dengan tuduhan meracuni pangeran. Semua properti Thapa disita. Bhimsen Thapa dibebaskan setelah pengadilan selama delapan bulan, tapi keluarga Thapa menjadi terpecah. Ketika Rana Jang Pande menjadi Perdana Menteri, ia menahan kembali Bhimsen Thapa, yang kemudian bunuh diri di penjara tahun 1839.

Bulan Januari 1843, Rajendra mengumumkan bahwa ia akan memimpin negara ini hanya dengan nasihat dan persetujuan ratu mudanya, Lakshmidevi, dan mematuhinya bahwkan putranya sendiri, Surendra Bikram Shah. Pertentangan di antara faksi-faksi kerajaan mengakibatkan Pembantaian Kot tahun 1846. Setelah Pembantaian Kot, Jung Bahadur menjadi Perdana Menteri dan dengan cepat mengambil alih kekuasaan, mengirimkan Raja Rajendra dan Ratu Lakshmidevi ke pengasingan di Varanasi. Dari pengasingan, Rajendra mencari dukungan untuk berkuasa kembali, tapi Jung Bahadur belajar dari rencana Rajendra dan memaksanya mengundurkan diri untuk putranya, Surendra. Pasukan Jung Bahadur menangkap Rajendra tahun 1847 dan membawanya ke Bhaktapur, tempat ia menghabiskan sisa hidupnya sebagai tahanan rumah.

Didahului oleh:
Girvan Yuddha Bikram Shah Deva
Raja Nepal
1816–1847
Diteruskan oleh:
Surendra Bikram Shah

Pranala luar[sunting | sunting sumber]