Railaco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Railaco Craic

Railaco merupakan satu kecamatan dari empat kecamatan yang ada di Distrik Ermera. Kecamatan Railaco mempunyai sembilan desa, yaitu Lihu, Matata, Tokoluli, Fatuquero, Railaco Leten, Samalete, Deleso, Railaco Craic, dan Taraso. Rata-rata mata pencaharian penduduk tiap-tiap desa di Kecamatan Railaco adalah pertanian (petani kopi). Desa Lihu, Matata, dan Fatuquero memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan enam desa lainnya.

Masyarakat Railaco memiliki kepercayaan agama yang kuat. Hal ini dapat dilihat sewaktu Natal, tahun baru, pentekostia, dan hari raya besar lainnya.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Ibu kota: Railaco Luas wilayah: 1.706 km² Peringkat ke-2 Penduduk: 38.580 (2004) Kepadatan penduduk: 22,6 orang/km² Peringkat ke-13 Jumlah keluarga: (2004) Peringkat ke-11 Sucos: Lihu,Matata,Tokoluli,Fatuquero,Railaco-Leten,Samalete, Deleso,Railaco-Craik dan Taraso

Railaco bisa dikatakan yang cukup signifikan bagi distrik Ermera kelak karena jaraknya yang tidak jauh dari ibu kota Timor -Leste (Dili) dan untuk sementara menjadi tempat yang dilirik para investor untuk menanamkan modalnya di sub-Distrik tersebut.Perusahan-perusahan yang sudah muli beroperasi usahanya antara lain, Perusahan TimorGlobal,Perusahan peternak Ayam bruler ( Gracia farm) dan perusahan Delta cafe di Desa Tokoluli.