Radosław Sikorski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Radosław Sikorski, Warsawa, 2006

Radosław "Radek" Sikorski (lahir 23 Februari 1963 di Bydgoszcz) adalah seorang politikus dan wartawan konservatif Polandia.

Sikorski banyak terlibat dalam gerakan Solidaritas pada akhir 1970-an, dan mengetuai komite pemogokan mahasiswa di Bydgoszcz pada Maret 1981. Ia terdampar di Britanua ketika undang-undang keadaan darurat diumumkan di tanah airnya pada Desember 1981, lalu ia belajar Filsafat, Politik, dan Ekonomi di Pembroke College, Universitas Oxford. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan lepas. Pada 1984, ia mengambil kewarganegaraan Britania. Pada pertengahan 1980-an, Sikorski bekerja sebagai seorang koresponden perang di Afganistan dan Angola. Untuk sebuah foto yang diambilnya di Afghanistan ia memperoleh Hadiah Foto Pers Dunia pada 1988. Dari 1990 ia menjadi penasihat bagi Rupert Murdoch untuk investasi di Polandia.

Pada 1992 ia kembali ke Polandia dan menjabat sebagai wakil menteri pertahanan untuk beberapa lama dalam pemerintahan Jan Olszewski. Dari 1998 hingga 2001 ia bekerja sebagai wakil menteri luar negeri dalam pemerintahan Jerzy Buzek. Dari 2002 hingga 2005 ia menjadi fellow dari American Enterprise Institute di Washington, D.C. dan direktur eksekutif dari New Atlantic Initiative. Ia kembali ke posisi pemerintah di Polandia sebagai Menteri Pertahanan Nasional pada 2005. Ia mengundurkan diri pada 5 Februari 2007 karena kesalahpahaman dengan Perdana Menteri Jarosław Kaczyński tentang keterlibatan Polandia dalam program Pertahanan Misil Nasional Amerika Serikat.[1]

Ia menikah dengan seorang wartawati dan sejarahwan Amerika Serikat Anne Applebaum; mereka mempunyai dua orang anak, Alexander dan Tadeusz.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poland's defense minister resigns, diakses pada 5 Feb. 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pentagon

Templat:Ministers of National Defence of Poland Templat:KaczynskiCabinet