REC (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
REC
SutradaraJaume Balagueró
Paco Plaza
ProduserJulio Fernández
Ditulis olehJaume Balagueró
SinematograferPablo Rosso
PenyuntingDavid Gallart
DistributorFilmax
Tanggal rilis
Spanyol:
23 November 2007
Italia:
29 Februari 2008
Britania Raya:
11 April 2008
Polandia:
14 Agustus 2008
Durasi75 menit
NegaraSpanyol Spanyol
BahasaSpanyol
SekuelREC 2
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide
Situs webhttp://movies.filmax.com/rec/

REC merupakan sebuah film Spanyol yang dirilis pada tahun 2007. Film yang disutradarai oleh Jaume Balagueró ini pemainnya antara lain ialah Manuela Velasco, Javier Botet, Marcha Carbonell, Manuel Bronchud, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 23 November 2007. Film ini disajikan dari sudut pandang kamera Pablo.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang reporter TV untuk acara malam, Angela Vidal, dan juru kameranya Pablo meliput kegiatan sebuah stasiun pemadam kebakaran. Sebuah telepon darurat datang dan dua pemadam kebakaran bersama Angela dan Pablo pergi ke sebuah apartemen tempat si penelepon. Setelah beragam kejadian mengerikan dan aneh, semua penghuni apartemen beserta Angela dan kawan-kawan mengetahui bahwa apartemen itu disegel karena terdapat virus berbahaya yang mempunyai gejala seperti zombie. Dan setelah itu, seorang nenek yang pertama kali tertular menulari orang-orang lain dan sadar atau tidak, Angela dan Pablo tahu cara mereka bisa keluar hanyalah dengan kabur lewat loteng apartemen itu, yang ternyata merupakan tempat virus itu berasal.

Rilis[sunting | sunting sumber]

film ini pertama kali diputar pada Agustus 2007 di Venice International Film Festival, namun keluar dari penjurian. Film ini juga muncul di bulan Oktober saat Sitges Film Festival dan di Málaga International Week of Fantastic Cinema pada bulan November, sebelum perilisan umum di Spanyol yang juga pada bulan November. Pada Februari 2008, film ini muncul di Glasgow Film Festival dan rilis di Britania Raya bulan April.

DVD film Rec rilis di Amerika Utara tahun 2009.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Reception[sunting | sunting sumber]

REC was very positively received by critics. As of May 17, 2009, the review aggregator Rotten Tomatoes reported that 95% of critics gave the film positive reviews, based on 20 reviews.[1] Reviewing the film for the BBC, Jamie Russell called it "A runaway rollercoaster of a fright flick", praising the "faux-docu handheld style", and the sense of claustrophobia and confusion, claiming "[Rec] will definitely jangle the nerves", while criticising the lack of substance and "one-dimensional" supporting cast.[2]

Bloody Disgusting gave the film four and a half stars out of five, with the reviewer saying, "[REC] has it all and is probably one of the best Spanish horror films in recent memory."[3] Bloody Disgusting later ranked the film eleventh in their list of the 'Top 20 Horror Films of the Decade', with the article saying "Out of all the “shaky-cam” films... this one is arguably the best."[4]

Beberapa penghargaan yang diraih:

Sekuel dan remake[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, sebuah remake dari Rec, Quarantine dibuat dan dirilis.

Sekuel film aslinya, REC 2, diputar pertama kali pada September 2009, di Venice International Film Festival, dan dirilis di Spanyol pada Oktober tahun yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rec Movie Reviews, Pictures - Rotten Tomatoes". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-27. Diakses tanggal 2009-05-17. 
  2. ^ Jamie Russell (2008-04-08). "Movies - review - Rec". BBC. Diakses tanggal 2010-05-05. 
  3. ^ "REC". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 2010-01-03. 
  4. ^ "00's Retrospect: Bloody Disgusting's Top 20 Films of the Decade...Part 2". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 2010-01-03. 
  5. ^ "Reaper Award Winners!". Dreadcentral.com. 2009-10-14. Diakses tanggal 2010-05-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]